Monday, April 17, 2017

Perbedaan Deep Web dan Dark Web, Sisi Gelap dari Internet

Image result for deep Web
Selama ini kita sering mendengar istilah 'berselancar di internet'. Di ibaratkan kegiatan yang kita lakukan sehari hari adalah menyentuh permukaan dari lautan internet. Dalam laut ada permukaan dan juga dalam laut, dalam laut inilah yang dinamakan Deep Web.

Internet yang biasa kita jelajahi disebut Surface Web sedangkan sisi lainnya adalah Deep Web. Namun sebenarnya ada tiga sisi dari internet, satu laginya disebut Dark Web. Sebagian orang berpikir bahwa Deep Web dan Dark Web itu sama, memang serupa tapi terdapat perbedaan. Berikut adalah pembahasan mengenai perbedaan Deep Web dengan Dark Web.

Pertama kita harus memahami terlebih dahulu Deep Web. Sederhananya Deep Web adalah bagian dari website (WWW) yang tidak ada dan tidak akan kita temukan dengan menggunakan search engine (mesin pencari) seperti Google, Bing, Yahoo dan lainya. Seperti dari namanya 'web mendalam' jika di artikan ke bahasa Indonesia.

Analoginya misal surface web adalah aplikasi chat kamu sedangkan deep web merupakan data private chat kamu. Memang deep web tidak bisa ditemukan oleh mesin pencari namun bisa dengan menggunakan tool khusus. Menurut hasil riset sebagian besar konten DeepWeb berisi tentang database dari hasil penelitian.
Sedangkan Dark Web meruapakan bagian dari Deep Web. Bisa dikatakan Dark Web adalah sisi gelap dari Deep Web karena mayoritas kontennya merupakan konten negatif seperti contohnya situs jual beli narkoba, video pembantaian, dan banyak lagi konten negatif lainnya yang nggak bisa diakses di cari di Google dan Youtube.

Sama seperti Deep Web, Dark Web pun perlu tools untuk bisa masuk ke dalamnya. Namun tidak disarankan untuk membuka situs tersebut demi keamanan apalagi jika kita baru mengetahui dan untuk sekedar iseng saja.

Setelah kita memahami perbedaan tersebut kesimpulan yang bisa dapat yaitu darkweb merupakan bagian dari deepweb, namun perbedaannya terdapat pada konten yang dimuat. Deep Web memuat konten yang masih bersifat netral sedangkan Dark Web memuat konten konten negatif. Namun selain informasi negatif, kamu juga bisa nyari informasi positif yang tidak banyak ditemukan di website biasa seperti Google.

No comments:

Post a Comment