Tuesday, April 4, 2017

Jangan Termakan Iklan. Akhirnya Telah Terkuak Berapa Umur Baterai Laptopmu Sebenarnya

Image result for baterai laptop
Dalam membeli laptop, ada dua hal yang kita perhatikan, kata orang dan keinginan sendiri. Namun, terkadang kita merasa terpengaruh karena iming-iming besar dari penjual. Salah satunya adalah baterai. Banyak yang mengatakan bahwa produk laptop tersebut punya daya tahan baterai yang sanga lama dalam pemakaiannya.

Namun, hal itu semua seakan dibantahkan oleh Which? Magazine dengan membocorkan daya tahan baterai sebenarnya dari beberapa produk laptop besar dunia.

"Tak kurang dari 67 model laptop diuji Which? Magazine sepanjang Januari 2017 untuk memperkuat hasil analisis.", dikutip langsung dari style.tribunnews.com, (Selasa, 4/4/2017).

Produk laptop berbeda brand tersebut dicas terlebih dahulu sampai full yakni 100%. Selanjutnya mereka melakukan tes dengan berselancar di internet, buka video dan aktifitas biasa yang sering kita lakukan pada laptop tersebut.

Namun hasilnya sangat miris. Ternyata 50% dari hasil iklan produk laptop tersebut diduga melebih-lebihkan. Lebih jelasnya, laptop yang diuji contohnya diiklankan bisa tahan 10 jam pemakaian. Namun nyatanya saat dites oleh Which? Magazine, produk tersebut hanya mampu bertahan 5 jam saja. Sangat mengecewakan bukan?
 

Contohnya saja adalah laptop dengan merek Lenovo Yoga 510 yang baterainya bisa sampai 5 jam menurut iklan. Ketika dites, ketahanannya cuma 2 jam 7 menit. Adalagi produk HP Pavilion 14-al115na yang baterainya diklaim berumur 9 jam, padahal cuma 4 jam 25 menit.
Sumber juga mengatakan bahwa Dell Inspiron 15 5000 dan Acer E15 juga sama saja. Pengiklan menyebut baterai masing-masing bertahan 7 jam dan 6 jam, padahal cuma 3 jam 58 menit dan 2 jam 56 menit.

Namun, hanya ada satu produk yang benar-benar menjunjung tinggi kejujuran yakni MacBook Pro 13. Produk ini malah 2 jam lebih baik dari diiklankan yakni 10 jam. Produk Apple ini melakukan hal baik dengan mengiklankan produk sesuai dengan kenyataan.

Brand yang disebutkan di atas rata-rata setengah kali lebih buruh daya tahan baterainya ketimbang yang kita dengar iklannya selama ini. Namun dalam gambar tersebut juga terlihat bahwa brand seperti Acer dan Lenovo juga tidak terlalu jauh dari yang diiklankan.

Nah ini bisa menjadi bahan pembelajaran bagi kamu pembeli laptop. Lain kali dibaca terlebih dahulu review dari orang lain sebelum mendengar persepsi penjual. Semoga informasi ini bermanfaat ya buat kamu.

No comments:

Post a Comment