Thursday, March 16, 2017

Inilah 5 Negara Dengan Populasi Hacker Terbanyak di Dunia


 
Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, maka dari hari ke hari semakin berkembang dan meningkat pula kejahatan yang terjadi di dunia maya (Cyber Crime) yang umumnya dilakukan oleh para hacker gelap yang umumnya dikenal dengan sebutan “BlackHat”.
Banyak alasan maupun motif kejahatan yang dilakukan para penjahat cyber ini. Mulai dari motif memenuhi ambisi untuk mencapai kepuasan pribadi, motif keuangan, motif balas dendam dan banyak lagi motif lainnya.
Umumnya korban yang akan mereka jadikan sasaran kejahatan adalah situs-situs perbankan, situs pemerintah, situs penjualan online dan beberapa situs yang dianggap penting keberadaannya. Namun tak menutup kemungkinan situs-situs kecil dengan keamanan rendah juga menjadi serangan empuk mereka.
Berbicara mengenai tindak kejahatan internet, maka tak mungkin bisa lepas dari seorang hacker yang memiliki kemampuan khusus untuk melakukan tindakan tersebut. Bahkan di beberapa negara di dunia ini memiliki populasi hacker terbanyak sebagai penyumbang kejahatan di dunia internet.
Berikut ini adalah daftar 5 negara dengan populasi hacker terbanyak di dunia :

1. China

Bukan sebuah kejutan lagi bahwa China adalah salah satu negara dengan populasi hacker terbanyak di dunia. Faktanya memang China kini gencar mempromosikan keamanan cyber sebagai budaya, sehingga setiap penduduknya memiliki wawasan yang luas dengan dunia internet, terutama kalangan pemuda yang berpendidikan.
Keadaan ini akhirnya dapat menyebabkan peningkatan tindak kejahatan dan peningkatan jumlah paenjahat cyber. Menurut berbagai sumber hampir 41% dari serangan cyber di dunia ini berasal dari negara China. Tujuan utamanya sebagian besar serangan yang dilakukan adalah peretasan jaringan pemerintah AS dan sekutunya.

2. Amerika Serikat

Negara ini menyumbang sebanyak 10% dari lalu lintas serangan dunia, hal ini menjadikan Amerika sebagai negara kedua dengan jumlah hacker terbanyak di dunia. Amerika juga merupakan rumah bagi banyak hacker terorganisir. Tujuan serangan yang mereka lakukan adalah melakukan peretasan situs-situs penting milik Rusia yang telah lama menjadi oposisi mereka.

3. Turki

Negara Turki berada di tempat ketiga dalam jumlah trafik kejahatan internet oleh hacker. Serangan kejahatan hacker turki terus meningkat dalam 10 tahun terakhir. Serangan cyber ini telah mencapai hingga 5,6% dalam jangka waktu beberapa tahun. Umumnya serangan ini dilakukan pada situs-situs yang melakukan penghinaan terhadap agama islam, karena pada umumnya hacker di negara ini beragama islam.

4. Rusia
 
Rusia berada di peringkat ke 4 dengan prosentase 4,3% dari lalu lintas serangan internet dunia menempatkan negara ini sebagai salah satu penyumbang kejahatan cyber terbanyak di dunia. Beberapa situs seperti Facebook Apple dan Google pernah diserang oleh para hacker dari negara ini, dimana basis hacker yang dimiliki rusia sangat kuat dan teroganisir dalam melakukan serangan.

5. Taiwan

Taiwan berada di tempat kelima dalam lalu lintas serangan kejahatan cyber dengan prosentase 3,7%. Para hacker di negara ini bekerja dengan sangat terorganisir dan rapi sehingga sangat sulit bagi pemerintah untuk mengetahui keberadaan mereka. Sebagian besar kejahatan hacker taiwan dilancarkan ke banyak situs penting milik pemerintah dan perusahaan internet taiwan juga tak lepas dari target utama mereka.

No comments:

Post a Comment