Friday, March 31, 2017

Hacker Berusia 13 Tahun, Temukan Bug Di Google Dan Micrsoft

Related image
Perkenalkan, Namanya Ahsan Tahir. Seorang remaja yang masih berusia 13 tahun asal Karachi,Pakistan. Kemampuanya di bidang cyber security tidak bisa di pandang sebelah mata. Bagaimana tidak, meski usianya baru menginjak 13 tahun namaya sudah tercatat sebagai salah satu penemu bug di beberapa platform populer seperti Google dan Microsoft serta beberapa aplikasi populer di iOS dan Andorid.
Tidak mengherankan apabila Ahsan memiliki kemampuan yang luar biasa tersebut. Pakistan memang di kenal sebagai salah satu penghasil hacker elite di samping negara tetangganya India. Perjalananya memasuki dunia cyber security ketika ia berusia 12 tahun. Saat itu Ahsan memiliki sebuah website pribadi yang ia kelola sendiri,namun teryata website miliknya telah menjadi korban peretasan.
Berangkat dari pengalaman pribadinya tersebut Ahsan bertekat untuk mempelajari seluk beluk dunia security. Ia menjadikan website pribadinya sebagai kelinci percobaan. Selama kurang lebih setahun dia belajar otodidak melalui forum forum hacker dan kanal youtube. Dan hasilnya sungguh luar biasa, ia bisa menerapkan hasil temuan temuan bug nya dan di terapkan pada paltfrom website populer seperti Microsoft dan Google.

Seperti di lansir dari nbcnews, Ahsan kini sedang menunggu usianya yang menjelang 14 tahun. Dimana usia yang di syaratkan bagi Microsoft untuk bisa menjadi salah satu pencari bug bounty di platform milik mereka. Meski ia sudah menemukan Bug di microsoft beberapa waktu silam namun dia belum bisa mendapatkan reward atas hasil kerjanya karena usianya masih 13 tahun. Ia harus menunggu hingga 2 bulan lagi atau bulan juli tahun ini ketika ia genap berusia 14 tahun dan berhak atas reward yang ia dapatkan.
Ketika kami berusaha mencari informasi detail tentang dirinya melalui pencarian google, kami mendapati nama Ahsan Tahir terpampang pada salah satu penyelenggra bug bounty paling populer, hackerone. Namanya tercatat dalam scoreboard dimana ia telah menemukan setidaknya 78 bug bounty.
Artikel Menarik Lainnya:

Ahsan adalah salah satu etical hacker yang patut di apresiasi. Ia menempatkan keterampilannya untuk bekerja dan mencari celah keamanan melalui program bug bounty, membantu perusahaan menemukan dan memperbaiki kerentanan dalam situs Web milik mereka.

No comments:

Post a Comment