Sunday, March 26, 2017

3 Cara Mudah Merawat Laptop

Image result for merawat laptopPerkembangan Laptop sekarang ini memang begitu hebat, namun sebaik apapun laptop anda, jika tidak di rawat atau digunakan dengan benar, maka akan semakin pendek usia laptop anda. Semua laptop memang memiliki kemampuan dan tingkat ke-awetan yang berbeda-beda, namun jika tidak memperhatikan laptop yang anda gunakan dengan baik, laptop anda akan cepat mengalami kerusakan, untuk mengurangi kerusakan atau memperlambat kerusakan sebaiknya simak tips berikut:
1. Perhatikan Lingkungan Anda.
    Untuk merawat laptop anda agar awet dan tidak bermasalah sebaiknya perhatikan terlebih dahulu lingkungan atau ruangan tempat anda akan menggunakan atau mengoperasikan laptop kesayangan anda. Lingkungan yang bersih atau terhindar dari jangkauan debi-debu halus akan lebih menjaga perawatan laptop anda. Jika saat ini di atas keyboard laptop anda telah banyak debu-debu yang menempel, sebaiknya segera bersihkan hal tersebut dan usahakan untuk menjaga laptop anda dari kotoran kecil tersebut, walupun sedikit jika dibiarkan lama-kelamaan debu kecil tersebut akan masuk ke dalam komponen-komponen laptop anda melalui pori-pori kecil pada lobang keyboard.

2. Perhatikan Berapa Jam Penggunaan Laptop dalam Sehari.
      Ada banyak oranng yang tidak memperhatikan berapa jam laptopnya telah di operasikan, memang sebenarnya boleh-boleh saja menggunakan laptop sesuai keinginan anda, namun perlu di kita ketahui bahwa apapun itu yang namanya elektronik jika kita gunakan secara terus menerus pasti akan mengalami kerusakan, untuk itu saya disini akan mencoba untuk menjelaskan bagaimana pemakaian laptop yang wajar. Sebaiknya jika anda menggunakan laptop anda dengan cukup lama atau ber jam-jam, gunakanlah pendingin tambahan seperti Fan Coller atau kipas pendingin, dan sebaiknya anda sedikit lebih perhatian kepada laptop kesayangan anda, untuk selalu mengecek atau merasakan kondisi panas laptop anda, apabila sudah terasa panas sebaiknya hentikan terlebih dahulu pengoperasianya. Namun jika ingin tetap menggunakanya sebaiknya cari solusi agar laptop anda tetap dalam keadaan suhu yang normal, dalam hal ini anda bisa mengeceknya dengan aplikasi monitoring hardware laptop anda, seperti contoh di bawah ini saya menggunan Piriform Speccy.

3. Perhatikan Spesifikasi Laptop
      Cara Merawat Laptop yang ke-3 adalah dengan memperhatikan spesifikasi laptop anda, dalam hal ini dengan menggunakan software atau aplikasi dari langkah no.2 di atas anda telah dapat mengetahui spesifikasi lengkap laptop anda. Lalu apa keuntungan mengetahui spesifikasi laptop anda ???  menurut analisa saya dan teman-teman dekat saya, jika laptop anda terbilang dengan spesifikasi yang terbilang sangat rendah, itu pasti akan membuat laptop anda terasa lemot atau lama loading. kalau saya pribadi itu adalah hal yang bisa membuat emosi meningkat, ckckckck . apabila laptop anda dipaksakan beroperasi dengan terus menerus akan membuat komponen-komponen tersebut bekerjsa sangat keras dan lama kelamaan akan membuat komponen yang bersangkutan akan mengalami penurunan kinerja, fatalnya adalah kerusakan pada komponen tersebut.
Saran saya sewaktu pengecekan dengan aplikasi di atas, hal yang menjadi pusat perhatian adalah: Processor beserta berapa derajat celciusnya, lalu RAM nya, menurut saya untuk penggunaan aplikasi saat ini yang semakin di perbarui dan semakin memakan memory sebaiknya gunakan minimal 2GB RAM DDR3 dengan sistem operasi Windows 7 Ultimate, jika anda menggunakan Windows 8 keatas sebaiknya gunakan RAM minimal 4GB.

Baiklah, saya rasa secara garis besar 3 bagian di atas adalah Cara Merawat Laptop dengan baik, ingat...!!! apapun barang-barang yang anda cintai rawatlah barang-barang kesayangan anda dengan baik, kalau menurut saya "Orang yang baik adalah orang yang merawat segala sesuatu yang di milikinya" 
Terimakasih, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment