Monday, April 10, 2017

Tips Mengatasi Panas Berlebih pada Laptop

Hasil gambar untuk laptop terbakar
Jika kamu memang menggunakan laptop untuk keperluan aktivitas maupun pekerjaan, maka tips berikut cocok untuk kamu. Laptop memang berbeda dengan komputer, pendingin dan kipas yang ada pada laptop dan komputer tentu berbeda. Kelebihan yang dimiliki laptop tidak lain karena fungsi mobilitasnya yang lebih tinggi daripada komputer.
Kalian pasti pernah menggunakan laptop dekat dengan panas matahari, lalu apa yang terjadi ? Pasti laptop kita mendadak panas. Penyebabnya adalah karena sinar matahari masuk menembus komponen hardware laptop terutama baterai sehingga menyebabkan panas berlebih pada laptop (overheat).
Nah berikut adalah hal hal yang harus kamu hindari serta tips agar kamu tidak lagi mengalami hal tersebut.

1. Jangan Gunakan Laptop pada Tempat yang Terpapar Sinar Matahari

Seperti dijelaskan pada awal, sebisa mungkin hindari tempat yang terpapar sinar matahari langsung karena pasti menimbulkan panas pada laptop kita. Atau bisa juga menggunakan pelindung seperti menaruh tas pada depan laptop agar laptop tidak langsung terkena sinar matahari.

2. Jangan Meninggalkan Laptop di Mobil

Sering kali kita lupa meninggalkan laptop di mobil, hal inipun dapat membuat laptop jadi panas. Karena di dalam mobil yang kedap udara suhu laptop otomatis akan ikut memanas. Sehingga akan mengakibatkan laptop juga overheat.

3. Netralkan Suhu Laptop

Saat kamu beralih dari udara panas masuk ke ruangan yang memiliki udara dingin, jangan langsung menyalakan laptop. Sebaiknya, diamkan sebentar kemudian baru dinyalakan. Tujuannya adalah untuk menetralisasi suhu panas.

4. Gunakan Cooling Pad

Dengan menggunakan cooling pad, kamu bisa mengurangi suhu panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan tipe yang lebih canggih akan mempunyai kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas. Namun gunakan cooling pad dengan bijak, hanya untuk pekerjaan yang memang berat saja. Jika hanya untuk keperluan mengetik dan suhunya stabil sebaiknya tidak usah. Jangan lupa pilih cooling pad yang memang memiliki kualitas yang bagus agar lebih optimal mendinginkan laptop kamu.

5. Mengganti Thermal Paste

Panas tidak selalu disebabkan oleh faktor eksternal, bisa juga disebabkan oleh faktor internal. Salah satunya komponen pada dalam laptop yaitu processor. Untuk mendingikan processor kita menggunakan thermal paste, sebaiknya rutin untuk mengganti thermal paste setiap 5-6 bulan sekali agar kita selalu mendapat suhu yang stabil.

Nah berikut adalah hal hal yang bisa kamu lakukan, terlihat sepele namun kadang terlupakan oleh kita. Jangan lupa untuk mengistirahatkan laptop kamu juga di sela kesibukan kamu karena laptop seperti kita juga, butuh istirahat.
 

No comments:

Post a Comment