Sunday, April 9, 2017

Game - Game Terkenal yang Ternyata Kontroversial

Game sudah menjadi budaya di hidup kita. Bagaimana tidak hampir semua orang memainkan game, entah itu di konsol seperti Playstation, Xbox, Nintendo ataupun di komputer. Tidak hanya di situ, Game sudah mewabah ke dalam smartphone. Bahkan sekarang peminat game bukan hanya diisi oleh kaum pria saja bahkan wanita juga sudah banyak beralih profesi menjadi gamers. Beberapa games juga menjadi sangat kontroversial. Karena adanya beberapa kasus pembunuhan yang di latar belakangi oleh games. Sehingga banyak games yang dilarang kemunculannya di beberapa Negara. Dan Ini dia games kontroversial yang beberapa negara melarang kemunculannya.

1. Grand Thef Auto (GTA) series
 
 Image result for Grand Theft Auto (GTA) series
GTA sendiri adalah salah satu game terfavorit yang muncul di konsol Playstation. Tapi game keluaran Rockstar ini memang penuh dengan kontroversi. Kenapa?. Karena game ini sangat kental dengan kekerasan, seks dan drugs. Kecaman keluar dari mana - mana tetapi pihak Rockstar tidak bergeming. Australia-pun menjadi salah satu negara yang melarang warganya memainkan game ini. Akan tetapi kontroversial sepertinya menjadi salah satu faktor kepopuleran dari game ini.

2. Resident Evil 4 dan Resident Evil 5
 
 Related imageImage result for Resident Evil 5
Sungguh tak percaya bahwa game yang satu inipun kontroversial. Game yang bertemakan zombie ini sudah ada sejak konsol Playstation pertama beredar. Bahkan game Resident evil ini selalu mendapatkan nilai terbaik di setiap peng-rilisannya. Di game Resident Evil 4 yang keluar di konsol playstation 2 terjadi hal yang kontroversial. Karena di salah satu chapternya kita harus masuk ke sebuah pintu yang di dalamnya penuh akan zombie. Nah, pintu penuh zombie itu di desain mirip sekali dengan pintu rumah tokoh dari agama Islam Umar Bin Khattab. Lain lagi game Resident Evil 5 yang berlatar belakang di benua Afrika. Game ini mengharuskan kita membunuh para zombie yang kebanyakan adalah kulit hitam. Resident evil 5 menjadi kontroversial karena dianggap Rasis dan dianggap merendahkan kaum kulit hitam di Afrika. Beberapa negara timur tengah melarang keras peredaran game ini.

3. Mortal Kombat
Related image
Bisa di bilang game ini adalah salah satu game Fighting yang menjungjung tinggi kekerasan. Bagaimana tidak, dalam game bergenre Fighting ini kita akan disuguhkan dengan jurus - jurus yang mampu membelah musuh menjadi dua, membuat musuh hancur berkeping - keping, membuat musuh menjadi beku dan masih banyak lagi. Jadi game ini berhasil membuat German dan Brazil melarang peredarannya.

4. Devil May Cry
 Related image
Game ini hampir sama dengan game Resident evil. Bedanya jika Resident evil berfokus pada Zombie, Devil May Cry berfokus pada berbagai macam Setan. Yang membuat kontroversial adalah Salah satu pintu yang ada di game tersebut mirip sekali dengan pintu Ka'bah. Sontak seluruh umat Islam marah akan hal itu. Alhasil beberapa negara timur tengah melarang peredaran dari game ini.

5. Manhunt Series
 Image result for manhunt series game
Lagi - lagi Rockstar membuat game yang kontroversial. Seluruh isi game ini adalah kekerasan dan pembunuhan bedarah. Kita seperti memburu, bukan memburu binatang melainkan berburu manusia. Beberapa negarapun melarang kemunculan game ini. Salah satunya adalah Jerman, Inggris dan Irlandia.

Beberapa game memang sangat merusak mental dan fisik para penggunanya. Tapi game tidak dipenuhi oleh sisi negatifnya saja. Salah satu sisi positif bermain game adalah pintarnya dalam berbahasa inggris dan melatih kinerja otak menjadi lebih kreatif. Jadi para orang tua harus sering mengawasi game yang dimainkan oleh anaknya. Pilihlah game yang baik dan tidak membiarkan game yang buruk merusak kehidupan anak - anak anda.

No comments:

Post a Comment