Sunday, April 2, 2017

Efek Negatif Bermain Game

Image result for Efek Negatif Bermain Game
Seiring dengan kemajuan teknologi dan persaingan perkembangan dari teknologi ini sendiri, tentu saja banyak sekali hal – hal yang menarik dari perkembangan teknologi ini. salah satunya adalah hadirnya banyak pilihan untuk game, yang saat ini bahkan sangat mudah untuk diakses, dan dimainkan, bahkan hanya melalui smartphone anda. Hal ini memang memiliki keseruan tersendiri, terlebih jika anda berada dalam situasi yang membosankan, maka bermain game, merupakan pilihan yang tepat untuk menepis bosan.

Namun disisi lain pula, ada beberapa dampak yang buruk dari bermain game ini. tentu saja, dampak buruk yang terjadi pada diri adalah jika anda berlebihan dalam bermain game, bahkan bisa sampai kecanduan. Selain kecanduan yang membawa efek buruk untuk tubuh, efek buruk terhadap hubungan sosial juga bisa dirasakan dari bermain game secara berlebihan ini. nah, dibawah ini, adalah ulasan menariknya mengenai apa saja dampak negatif dari bermain game, yang tentu saja wajib untuk anda ketahui.
Beberapa Dampak Efek Negatif Bermain Game
1. Kurang istirahat
Yang pertama adalah kurang istirahat. Dampak yang satu ini, kerap dialami oleh para gamers yang kecanduan bermain game. Hal ini akan menyebabkan berkurangnya rasa kantuk, dan menjadikan terjadinya insomnia. Jika kurang istirahat, tentu saja akan berdampak buruk pada kesehatan yang ada pada tubuh anda.

2. Terasing dari pergaulan
Dampak negatif lainnya bisa dari sisi psikologisnya. Dimana mereka yang kecanduan game akan mengalami keterasingan dari pergaulan. Karena terlalu asik dengan dunia game, tentu saja hal ini akan membuat para gamers akan malas untuk berkomunikasi, kecuali dengan lawan mainnya. Dan cenderung lebih asik dengan dunia gamenya, daripada dunia sekitar.

3. Depresi
Dampak kejiwaan juga kerap dialami oleh mereka yang kecanduan game. Depresi berkaitan erat dengan emosi. Misalnya saja, jika sehari saja tidak bermain game, akan merasa lebih rentan emosi. Selain itu, efek kekerasan dan adegan lainnya yang ada pada game, juga bisa berpengaruh kealam bawah sadar, dan juga menjadi salah satu yang ditirukan dikehidupan sehari – hari.

4. Stress
Memang, bermain game akan memicu adrenalin lebih terpacu kembali. Dan hal ini berdampak ketika mengalami kekalahan pada game yang dimainkan. Tentu saja hal ini akan menjadikan lebih rentan terhadap stress dan frustasi. Tentu saja, berbaur dengan lingkungan sekitar, dan bergaul dengan banyak orang, merupakan salah satu pereda stress yang diakibatkan oleh game.

5. Kualitas hidup menurun
Nah, hal yang satu ini, tentu saja merupakan salah satu yang berdampak negatif, dan perlu untuk segea mungkin dihindari. Mereka yang kecanduan video game, tentu saja akan memilih banyak waktu untuk aktif bermain game. Hari – harinya akan dihabiskan untuk terus bermain game. Hal ini, tentu saja menyebabkan kualitas hidup menjadi menurun, dan istirahatnya kacau. Hal inilah yang selain menyebabkan masalah psikologis, juga berpengaruh tubuh menjadi rentan stress, dan terkena berbagai penyakit seperti stroke, hingga penyakit jantung, dan lain sebagainya.

Nah, dengan mengetahui apa saja efek negatif dari bermain game ini, tentu saja anda mesti bisa bersikap bijak dalam membagi porsi waktu bermain game anda, agar jangan sampai kecanduan, dan berlebihan, sehingga efek buruk pun tidak bisa anda indahkan lagi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment