Sunday, March 19, 2017

Jika Tahu Caranya, Anda Tidak Memerlukan Lagi Antivirus di Perangkat

Image result for script database wallpaper
Mungkin jika sekarang ini Anda masih takut akan serangan virus atau malware dan akhirnya harus memasang antivirus di perangkat komputer atau mobile, nampaknya hal tersebut sebentar lagi tidak akan menjadi satu masalah lagi.
Hal tersebut dikarenakan sekarang ini hampir semua perusahaan pembuat browser sudah memahami kekhawatiran para penggunanya. Akhirnya mereka sudah menyediakan perhatian khusus pada sisi keamanan, yaitu pemberian anti-virus di dalam produk browsernya.
Selain itu, disarankan untuk tidak menginstal add-ons dan plug-in sembarangan atau juga berlebihan. Selain rakus memory, add-ons dan plug-in tersebut juga terkadang berasal dari developer yang kurang terpercaya. Terlebih lagi, kebanyakan browser populer sekarang ini sudah akan melakukan update otomatis (atau juga dapat dilakukan secara manual) yang mana sangat bermanfaat untuk mencegah serangan virus atau malware.
Seperti yang dikutip dari Gizmodo.com (17/3/2017), jika Anda ingin mendapatkan perlindungan tambahan, maka dapat menggunakan aplikasi atau software password manager seperti LastPass atau 1Password atau juga software VPN yang dapat melindungi data saat Anda menggunakan Wi-Fi di tempat umum.
Dan lagi, jika Anda termasuk pengguna Windows 10, maka Anda semakin tidak memerlukan lagi ‘jasa’ antivirus karena produk adri Microsoft tersebut sudah dilengkapi dengan pengaman, yaitu Windows Defender.
Untuk pengguna Mac OS, disarankan agar tidak menginstall aplikasi yang nggak sah atau yang tidak terdapat di App Store. Satu lagi, hindari untuk menggunakan aplikasi yang sudah usang alias yang tidak pernah di-update.
Jika Anda mengetahui trik-trik di atas, maka dipastikan Anda tidak perlu lagi memerlukan antivirus atau sejenisnya. Ditambah lagi, dengan tips-tips di atas, selain aman, mesin pada perangkat juga akan berjalan secara smooth dan tidak sampai kelebihan daya karena memorynya terpangkas.

No comments:

Post a Comment