Monday, March 13, 2017

Cara Membuat Live Streaming di Youtube

Image result for youtube
Youtube adalah salah satu situs berbagi video yang paling populer saat ini. Di Youtube anda bisa menonton, komentar, share, like, edit video serta upload video secara gratis. Kebanyakan video yang diupload di Youtube adalah video-video pribadi, hanya ada beberapa saja video-video milik perusahaan yang ada disana. Semakin mudah dan murahnya internet dibeberapa negara membuat Youtube ini semakin digemari mulai dari anak-anak hingga orang tua pun mengenal Youtube. Selain itu memang konten yang ada di Youtube lebih lengkap daripada yang ada di TV.

Youtube Live Streaming
Bagi anda yang sering menggunakan Youtube pastinya tahu fitur baru dari Youtube yaitu Live Streaming. Di fitur Live Streaming ini anda bisa menampilkan acara secara langsung kepada pengguna Youtube lain diseluruh dunia. Biasanya yang menggunakan Youtube Live ini para Youtuber yang memiliki banyak subscriber sehingga bisa terjadi interaksi yang menarik antar keduanya. Tetapi bagi anda yang tidak memiliki subscriber banyak jangan khawatir karena anda bisa melakukan live streaming saat ada acara konser, bincang-bincang, olahraga, bermain game atau acara lain yang menarik untuk ditampilkan di Youtube. Untuk bisa melakukan live streaming memang ada beberapa langkah-langkahnya, jika anda belum tahu bisa mengikuti langkah-langkahnya dibawah ini :
Cara Membuat Video Live Streaming di Youtube

Pastikan anda sudah login di akun Youtube yang anda miliki. Jika akun anda belum terverifikasi oleh Youtube anda tidak akan bisa melakukannya, untuk cek apakah akun Youtube anda sudah verifikasi bisa cek di alamat berikut http://www.youtube.com/verify

Jika sudah kini anda tinggal mengaktikan fitur Live Streaming di halaman https://www.youtube.com/features dan pastikan akun anda sudah “Partner Verifed” di dekat icon logo akun yang anda miliki.
Cek pada bagian “Live Streaming” pastikan sudah “Enable” agar anda bisa menggunakannya.
Setelah semuanya beres anda bisa langsung melakukan live streaming di Youtube. Tetapi anda perlu mengetahui ada 2 jenis live streaming yang bisa anda gunakan yaitu Stream Now dan Events. Jika anda melakukan live stream secara simpel dan saat itu juga lebih baik anda menggunakan Stream Now.
Nah nantinya setelah anda memilih Stream Now anda akan menemukan beberapa pengaturan seperti dibawah ini :

Live Streaming Dashboard

Basic Info = tempat untuk memberikan judul live streaming anda, usahakan gunakan yang menarik.
Stream Option = anda bisa memilih mengaktifkan DVR, menyimpan hasil Stream, Delay dan lainya yang bisa anda pilih.
Monetizitation = jika live stream anda ingin menghasilkan uang, maka anda bisa mengaktifkan fitur ini, nantinya akan anda iklan mucul saat live.
Cards = ini berguna untuk menambahkan interaksi pada live streaming dengan tulisan, link, gambar hingga tombol.
Setelah itu download sotfware obsproject.com/download dan sekalian install di komputer anda.
Jika sudah silahkan anda buka YouTube Live Streaming Dashboard dan isikan sesuai dengan streaming anda.
Kemudian buka OBS, dibagian add source gunakan sumber kamera anda darimana apakah webcam, handycam atau DSLR.

Seting Device dan FPS

Kemudian klik tanda + kemudian isika nama device anda, bisa diisi bebas namanya.
Kemudian cara nama device tadi, setelah ketemu pada bagian resolution custom pilihlah sesuai dengan kualitas kamera yang anda gunakan.
Kemudian pindah di bagian menu setting output, sesuaikan ukuran bitrate dan fpsnya.

Bitrate output

Pada bagian Stream, pilih service Youtube/Youtuber Gaming, selanjutnya masukan stream key dari halaman akun youtube anda.

Stream Key

Seting seletasi, tinggal anda mulai Start Recording maka streaming sudah bisa jalan.

Start Stop Streaming

Selamat anda berhasil

Nah mudah bukan cara membuat live streaming di youtube. Agar hasil maksimal gunakan kamera dengan resolusi baik dan jaringan internet yang cepat.

No comments:

Post a Comment