Wednesday, March 15, 2017

Cara Membuat Drone Sederhana Sendiri Mudah

  Mungkin dari kamu akan bertanya-tanya tentang manfaat dari drone itu sebenarnya apa. Memang akhir akhir-akhir ini lagi ngetrend yang namanya drone atau pesawat quadcopter yang dikendalikan dengan remote control. Pada awalnya penggunaan memang drone ini hanya digunakan untu kegunaan militer ataupun pemerintah untuk alasan keamanan suatu wilayah.
Tetapi semakin berkembangnya waktu penggunaan drone ini mulai bergeser dari yang aslinya. Sekarang ini selain digunakan untuk urusan keamanan, drone ini juga bisa digunakan untuk video aerial, pengiriman barang, untuk reporter berita, untuk pemetaan wilayah dan kegunaan lainnya. Harga drone sekarang ini yang tersedia di pasaran juga bervariasi mulai dari yang ratusan ribu hingga jutaan juga ada. Bagi mereka yang mempunyai budget lebih pastinya akan lebih memilih untuk membeli drone yang terbaik, tetapi bagi mereka yang kekurangan masalah finansial pastinya akan kesulitan jika harus mengeluarkan uang lebih untuk sebuah drone.
Solusi yang bisa ditempuh adalah dengan membuat sendiri drone sederhana. Apalagi sekarang ini sudah banyak komponen-komponen elektronika untuk drone yang sudah diperjual belikan secara umum. Mulai dari yang memiliki harga terjangkau hingga yang mahalpun juga tersedia. Nah untuk merakit sebuah drone sederhana, kamu perlu menyiapkan beberapa komponen utama yang harus ada seperti berikut ini :
Cara Membuat Drone Sederhana
Flight Control Board (FCB)

Flight Control Board Drone

FCB ini seperti otaknya drone, jadi ini merupakan komponen utama yang sangat penting. Ada beberapa fitur yang sudah tersemat didalam FCB ini seperti GPS, Accelerometer, Gyro, Magnetometer dan lainnya tergantung dari harga FCB yang kamu beli. Jika harganya semakin mahal maka fiturnya juga semakin lengkap.
Frame (Rangka)

Frame drone

Untuk pemilihan frame ini usahakan yang memiliki bobot yang ringan dan memiliki bahan yang kuat seperti bahan karbon fiber. Selain itu kamu juga harus memperhitungkan apakah akan menggunakan tricopter, quadcopter atau hexacopter untuk drone yang akan kamu rakit.
Motor

Motor drone

Motor ini adalah yang nantinya digunakan untuk menggerakan propeller. Saat membeli jangan lupa disesuaikan dengan frame yang sudah dibeli dan usahakan cocok dengan framennya. Untuk satuan kecepatan motor ini biasanya menggunakan kv atau rpm/v. sebagai catatan semakin besar tenaga yang dikeluarkan motor maka semakin besar pula daya yang akan dibutuhkan.
Electronic Speed Control (ESC)

ESC drone

ESC ini berungsi untuk mengatur seberapa cepat motor berputar. Saat membelinya sesuaikan dengan jumlah motor yang dipake untuk drone nantinya.
Propeller (baling-baling)

Propeller drone

Untuk pemilihan propeller carilah yang memiliki bahan yang baik seperti carbon fiber, nylon atau komposit. Sesuaikan juga panjang propeller dengan ukuran frame yang sudah kamu beli.
Batterai dan charger

Batre drone

Untuk batre sesuaikan dengan tenaga motor yang digunakan, kalau bisa belilah yang memiliki ukuran besar sehingga drone lebih awet konsumsi batrenya.
Remote control

Remote drone

Saat membeli remote usahakan minimal terdapat 4 chanel yang berguna untuk mengatur Yaw, Pitch, Roll dan Throttlenya karena itu merupakan itur standart untuk remote drone.

No comments:

Post a Comment