Thursday, March 16, 2017

5 Alasan Kenapa Harus Pilih Firefox Daripada Chrome

Image result for firefox vs chrome
Siapa yang tidak kenal dengan Google Chrome dan Mozila Firefox, ya dua peramban atau web browser inilah yang rata-rata dipakai untuk aktifitas browsing di seluruh belahan dunia. Google Chrome merupakan web browser besutan Google yang didirikan pertama kali tahun 2008 silam, sedangkan Firefox sendiri merupakan web browser antar-platform gratis yang dikembangkan oleh Yayasan Mozilla dan ratusan sukarelawan. Versi 3.0 dirilis pada 17 Juni 2008.

Meskipun demikian banyak yang setuju kalau Chrome adalah salah satu web browser terbaik di dunia. Salah satu daya Tarik dari Chrome adalah kemampuannya untuk melakaukan sinkronisasi data di desktop, notebook, tablet, dan smartphone. Jika itu tidak sesuai dengan kebutuhan anda, maka ada Mozila Firefox sebagai gantinya. Berikut 5 alasan mengapa anda harus menggunakan Firefox :

1. Mungkin saat ini chrome memegang peran sebagai browser tercepat dalam hal rendering halaman, tetapi memakan banyak RAM pada komputer sehingga secara tidak langsung memakan daya pada setiap PC yang terlalu lama menggunakan Chrome. Penggunaan Chrome sendiri juga dapat menghambat kinerja aplikasi lain yang ada pada PC karena penggunaan RAM yang cukup besar. Dampak yang ditimbulkan yaitu kerusakan pada baterai laptop.

2. Firefox adalah browser yang benar-benar mulai konsep ekstensi. Chrome jelas memiliki banyak ekstensi, namun Firefox memiliki beberapa ekstensi yangyang lebih eksklusif. Misalnya, NoScript adalah ekstensi yang terdapat diFirefox yang tidak akan ditemukan di Chrome. NoScript merupakan pengaya khusus pada Mozilla Firefox yang dapat membantu anda melindungi komputer Anda dari situs web berbahaya. Pada Firefox, anda bahkan bisa mendapatkan ekstensi yang akan memungkinkan anda untuk men-download video favorit anda di YouTube. Di Chrome sebenarnya juga terdapat ekstensi untuk mendownload video di youtube, akan tetapi dalam banyak kasus andaakan dipusingkan dengan pengaturan keamanan untuk menginstal ekstensi ini.

3. Jika Anda seorang yang sangat menjaga privasi, maka Chrome bukanlah pilihan yang bijak. Google memungkinkan melacak aktivitas anda sehinggasangat beresiko terhadap data pribadi anda. Browser Chrome selalu menyuruhanda untuk mengasosiasikan program dengan ID Google. Ya, itu diperlukan untuk sinkronisasi data, sehingga kurang baik untuk keamanan privasi anda.Untuk Firefox anda tidak perlu sinkron dengan alamat email atau sejenisnya, cukup buka aplikasinya dan nikmati browsing anda.

4. Firefox adalah lebih mudah digunakan daripada Chrome. Jika anda suka membuka banyak tab - lebih dari 50, maka tampilan antarmuka Chrome akansulit untuk menavigasi. Firefox memiliki UI gulir samping, anda dapat dengan mudah gulir ke bawah menggunakan mouse. Anda tidak bisa melakukan itu pada Chrome. Firefox juga memiliki kotak pencarian yang terpisah, yang memungkinkan anda untuk melakukan pencarian dari penyedia serach engine yang berbeda termasuk Bing dan Yahoo.

5. Pada Firefox sudah terdapat modus reader yang berguna menghilangkan iklan secara otomatis dan memperbaiki tampilan laman yang anda baca tersebut, agar semakin gampang terbaca dengan nyaman. Fitur ini belum terdapat di Chrome sampai saat ini.

Itulah sedikit ulasan mengapa anda harus memilih Mozila Firefox sebagai aplikasi browser anda. Artikel ini tidak bertujuan untuk menjatuhkan Chrome, hanya untuk sekedar memberi informasi kelebihan dari Mozila Firefox. Untuk pemakaian itu juga kembali kepada anda, jika memang lebih nyaman menggunakan Chrome itu juga tidak masalah

Terima kasih….

No comments:

Post a Comment