Thursday, April 6, 2017

Mengenal Istilah Bottleneck Pada PC dan Pencegahannya

Image result for Bottleneck on PC
Pernahkah kalian merasa bahwa pc yang kalian punya tidak mengeluarkan kekuatannya secara sempurna? Jika pernah, maka jawaban yang tepat adalah karena bottleneck. Tapi pertanyaannya adalah, apa itu bottleneck? Dan kenapa hal itu bisa terjadi? Nah, jika kalian tidak paham tentang apa itu bottleneck dan ingin tau tentang bottleneck, kalian sudah tepat membuka artikel ini. Karena disini penulis ingin membahas tentang apa itu bottleneck yang sering dirasakan oleh setiap pengguna pc. Nah tanpa basa basi lagi, simak artikel ini sampai bawah ya supaya kalian mengerti.

Apasih Bottleneck itu?
Jika kita artikan kata bottleneck kedalam bahasa Indonesia yang benar, maka jawaban yang tepat adalah leher botol. Sedangkan jika kita artikan secara kasar maka jawabannya adalah penyempitan jalur.
Bottleneck Pada Hardware Komputer
Pada dasarnya setiap komputer yang ada di dunia ini pasti mempunyai 'bottleneck', namun letak bottleneck nya itulah yang perlu kita ketahui sebagai pemiliknya. Namun pertanyaannya adalah, kenapa itu bisa terjadi? Bottleneck terjadi karena adanya komponen tertentu yang tidak bisa menyeimbangi kekuatan atau kecepatan komponen lain. Yang pada akhirnya akan mempengaruhi kondisi komponen-komponen yang lain. Jadi, dengan kata lain komponen dengan spesifikasi yang lebih tinggi harus mengalah pada komponen yang lebih lambat, karena harus menunggu agar proses yang dibebankan kepada si biang 'bottleneck' ini selesai. Dan otomatis dampaknya akan berimbas pada kinerja system suatu komputer.

Contoh Kasus
Agar kalian bisa lebih memahami tentang terjadinya bottleneck, penulis ingin mengambil sebuah contoh, yaitu :
VGA Card Terkini Dipadukan dengan Processor Jadul
Processor : Intel Pentium G3220
VGA Card : Nvidia GTX 1060
RAM : DDR 3 16 GB
Dari contoh kasus diatas, bottleneck bisa terjadi karena kekuatan processor keluaran Intel yang bisa dikatakan jadul tidak bisa menyeimbangi  kekuatan VGA Card GTX 1060 yang notabene merupakan VGA high end. Jadi bisa dipastikan, bahwa performa yang dikeluarkan oleh si GTX 1060 akan tertahan karena disebabkan oleh si Intel Pentium G3220 tersebut.
Image result for Bottleneck on PC
Kesimpulan
Nah sekarang kalian sudah tau kan sebab dan alasan mengapa suatu komputer bisa mengalami bottleneck. Jadi saran dari saya adalah, lebih baik kalian membeli komponen komponen yang seimbang antara satu sama lain. Karena jika kalian membeli komponen seperti contoh di atas, maka yang kalian dapatkan adalah suatu hal yang sia sia dan hanya menghamburkan duit kalian entah kemana.

No comments:

Post a Comment