Monday, April 3, 2017

10 Kata Bahasa Indonesia dalam Dunia Teknologi yang Mungkin Belum Kita Ketahui


Banyak istilah dari bahasa indonesia yang belum kita dengar, pas membuka KBBI barulah kita bisa mengetahui arti kata tersebut. Penyebabnya tidak lain adalah karena kata tersebut jarang atau hampir tidak pernah digunakan dalam kehidupan kita sehari hari. Nah berikut adalah beberapa kata yang mungkin kita belum mengetahuinya namun ada di KBBI.

1. Gawai

Gawai adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata Gadget. Kita sudah terbiasa dengan kata Gadget sehingga besar kemungkinan kita pun baru mendengar kata Gawai sekarang. Kata Gawai saat ini mulai digunakan di berbagai media cetak Nasional. Nah sekarang kamu tidak perlu bertanya tanya lagi apabila sewaktu waktu kamu menemui kata Gawai.
 
2. Portofon

Portofon adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata Handy Talkie (HT). Portofon adalah sebuah alat komunikasi genggam jarak jauh yang mengkomunikasikan dua atau lebih orang melalui gelombang radio.
 
3. Tetikus

Yang dikenal oleh kita benda ini adalah 'Mouse', namun pada KBBI benda ini disebut Tetikus. Mouse sendiri hampir semua orang sudah mengetahui kegunaan dari benda ini. Benda ini dinamakan Tetikus karena berasal dari kabelnya yang menjulur panjang seperti ekor tikus.
 
4. Warganet

Jika kita tahu kata Netizen, maka di KBBI pun ada pula kata penggantinya yakni Warganet. Umumnya warganet diartikan sama seperti Netizen yakni orang orang yang terlibat dalam komunitas internet.
 
5. Swafoto

Memang kita tidak familiar dengan kata berikut tapi mungkin kita sendiri pernah melakukan hal tersebut. Swafoto dalam keseharian kita disebut selfie yaitu memfoto bagian depan dari diri kita yang di ambil sendiri dengan kamera digital maupun kamera ponsel.
 
6. Saltik

'Besok kita jaid kan nonton film Star Wars ?' 'Hah ? Jaid ?' 'Maaf maksudnya jadi'. Berikut adalah contoh dari saltik atau pada keseharian kita menyebutnya sebagai typo.
 
7. Luring

Luring adalah akronim dari luar jaringan. Kita biasa menyebutnya sehari hari dengan kata offline.
 
8. Daring

Daring sendiri kebalikan dari luring yaitu akronim dari dalam jaringan. Kita biasa menyebutnya sehari hari dengan kata online.
 
9. Peladen

Peladen adalah kata yang digunakan untuk menggantikan kata Server. Peladen merupakan sebuah sistem komputer yang menyediakan jenis layanan tertentu dalam sebuah jaringan komputer.
 
10. Pranula

Pranula sendiri muncul dalam KBBI untuk menggantikan kata Hyperlink atau Link. Pranula adalah tulisan yang apabila di klik maka akan menuju pada halaman tertentu.
 
Nah, jadi ga gaptek lagi kan kalo sewaktu waktu kita melihat kata tersebut di keseharian kita. Memang terlihat aneh karena kita tidak terbiasa menggunakan kata tersebut namun tidak menutup kemungkinan juga jika kelak kata tersebut yang dijadikan kata baku untuk keseharian kita.

No comments:

Post a Comment