Tuesday, March 14, 2017

Wow Dikabarkan Processor Terbaru AMD Bisa saingi Intel Skylake

Image result for amd
Advanced Micro Devices (AMD) resmi mengumumkan prosesor terbarunya, Ryzen. Seri ini bisa dikatakan sebagai sebuah come back bagi AMD yang telah lama tidak meluncurkan prosesor dekstop dengan arsitektur baru.
Pada konferensi pers yang diadakan dalam acara Ryzen Tech Day di San Francisco,Amerika Serikat, CEO AMD Dr. Lisa Su mengatakan bahwa Ryzen dibuat berdasarkan arsitektur Zen. Arsitektur tersebut merupakan teknologi baru buatan AMD dan perdana digunakan dalam prosesor Ryzen. Yang membuat berbagai media heboh adalah performanya yang mampu menyaingi prosesor seharga 15 juta Rupiah

Wanita asal Taiwan ini mengatakan bahwa upaya perusahaan mengembangkan Ryzen membuahkan hasil yang tidak terduga. Sebelumnya perusahaan telah sepakat bahwa peningkatan kinerja prosesor yang menggunakan arsitektur Zen bakal meningkat hingga 40 persen. Tapi kenyataannya, kinerja Ryzen justru lebih tinggi.AMD bekerja sama dengan sekitar 180 peritel dunia dan boutique OEM.
Ryzen sendiri merupakan prosesor yang terdiri dari beberapa tipe. Untuk saat ini, menurut Lisa,AMD merilis seri Ryzen 7 yang terdiri dari tiga tipe, yakni 1800X, 1700X, dan 1700.Dari ketiganya, tipe terkuat adalah Ryzen 7 1800x yang memiliki 8 core, 16 thread serta berlari di kecepatan dasar 3,6 GHz. Lisa bahkan menjanjikan bahwa tipe ini jauh lebih unggul ketimbang prosesor mutakhir Intel Core i7 6900K.

Awalnya lini generasi baru ini diberi nama Zen, namun akhirnya diubah menjadi Ryzen. Menurut Wakil Presiden Marketing AMD John Taylor mereka melakukannya dengan terpaksa karena di Amerika Serikat sudah ada banyak produk bernama dan bertema Zen.
Ryzen pun bermula dari “Rizen”, potongan kata dari “New Horizon” yang huruf “o”-nya diubah menjadi “e” agar lebih unik dan terasa “zen”-nya. Sementara “y” dari Ryzen dipakai agar orang-orang tidak mengucapkannya sebagai “risen” (naik/berdiri) saja. 
Mereka juga memutuskan menggunakan simbol Enso, bulatan yang digambar dengan kuas, dari kaligrafi Jepang untuk menjaga tema Zen yang mereka pakai sejak awal.

Pada paruh kedua tahun ini atau menjelang akhir tahun, mereka juga berencana merilis Mobile APU yang didasari dari arsitektur mikro Zen berdasarkan jawaban seorang  reprentatis AMD dari thread tanya-jawab di Reddit.

Diperkirakan Ryzen 3 akan diluncurkan pada waktu yang sama dengan APU tersebut, dan Ryzen 5 akan hadir pada pertengahan rilis Ryzen 7 dan Ryzen 3, yakni pada kuartal kedua tahun 2017.

No comments:

Post a Comment