Wednesday, March 15, 2017

UN Global Pulse dan Western Digital Buka Pedaftaran Kompetisi Data For Climate Action

Global Pulse, sebuah inisiatif inovasi big data dari PBB, dan Western Digital Corporation (NASDAQ: WDC), pemimpin global dalam teknologi dan solusi penyimpanan data, mengumumkan sebuah kerjasama untuk meluncurkan kompetisi “Data for Climate Action”.
Data for Climate Action merupakan sebuah kompetisi inovasi terbuka yang belum pernah ada sebelumnya untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan tentang data dan big data dari sektor swasta untuk menanggulangi perubahan iklim. Ilmuwan, peneliti dan inovator data dari seluruh dunia didorong untuk mendaftar dan mengumpulkan proposal mereka ke DataForClimateAction.org tanggal 10 April 2017.
“Mendorong tindakan yang efektif pada perubahan iklim tidak hanya membutuhkan data iklim saja, melainkan juga membutuhkan informasi yang kaya tentang perilaku manusia,” ujar Robert Kirkpatrick, Director of UN Global Pulse, dalam siaran persnya, Selasa (14/03/2017). 
“Big data dapat menyediakan tanggapan yang dinamis pada bagaimana komunitas-komunitas mempengaruhi dan dipengaruhi oleh sistem iklim, dan melakukan inovasi untuk meningkatkan kemampuan kelangsungan dan ketahanan hidup. Data ini utamanya dimiliki oleh perusahaan-perusahaan, seperti yang berpartisipasi di Data for Climate Action,” lanjutnya.
Dengan dukungan dari Skoll Global Threats Fund, kompetisi global ini telah memperkuat sebuah koalisi perusahaan-perusahaan yang berbeda dari berbagai macam industri dan negara untuk berpartisipasi melalui aksi-aksi ‘filantropi data’. 
Tantangan ini akan menawarkan para peneliti sebuah kesempatan untuk memperoleh akses yang belum pernah ada sebelumnya ke kumpulan data nasional, regional dan global – tanpa menyertakan nama dan dirata-ratakan untuk melindungi privasi – dan alat-alat (tools) yang kokoh untuk mendukung penelitian mereka.
Disebutkannya, para peneliti dapat mendaftar untuk menerima dukungan komputasi awan dari Microsoft, dan dukungan analitik visual dari Tableu.
“Sebagai perusahaan penyimpanan data terbesar di dunia, kami memahami potensi dan kekuatan data, dan bersemangat mengenai kegunaannya sebagai sebuah katalis untuk perubahan,” ujar Dave Tang, Senior Vice President and General Manager, Data Center Systems Business Unit, Western Digital.
Data for Climate Action akan menargetkan tiga area yang relevan dengan Sustainable Development Goal on climate action (SDG 13) PBB: mitigasi iklim, adaptasi iklim, dan keterkaitan antara perubahan iklim dengan Agenda 2030 yang lebih luas.
Kompetisi ini bertujuan untuk menghasilkan tulisan dan alat-alat (tools) riset orisinil yang mendemonstrasikan bagaimana inovasi yang dihasilkan dari data dapat menginformasikan solusi di lapangan dan mengubah tindakan-tindakan untuk menanggulangi perubahan iklim. 
Kompetisi ini dirumuskan berdasarkan model kompetisi ilmu pengetahuan data yang dirintis oleh organisasi-organisasi seperti Kaggle, dan perusahaan sejenisnya untuk membagikan big data demi kebaikan publik, misalnya kompetisi “Data for Development” yang diadakan oleh Orange.
Para peneliti yang diseleksi untuk berpartisipasi dalam Data for Climate Action akan memiliki waktu selama empat bulan untuk melakukan penelitiannya. Para panel pakar yang berbeda-beda dalam perubahan iklim dan ilmu pengetahuan data akan mengevaluasi proposal final yang dikirimkan berdasarkan metodologi, relevansi dan dampak potensialnya. Para pemenang akan diumumkan pada bulan November 2017.
Untuk mengirimkan aplikasi atau detil tambahan kompetisi ini, kunjungi situs resminya di DataForClimateAction.org.(rel)

No comments:

Post a Comment