Thursday, March 30, 2017

Serangan Hacker Paling Terkenal dan Mengerikan.

Image result for hacker
Tidak ada habisnya jika kita menelusuri kisah serangan cyber. Dari sekedar visrus komputer hingga serangan kepada pentagon atau microsoft, itu sangat sulit kita diprediksi.Dibawah ini kami sajikan 5 kisah serangan Hacker paling merusak dan populer pada masanya.
5. August, 1999: Jonathan James Vs. Departemen Pertahanan Amerika Serikat
Pada tahun 1999, ia berhasil masuk kedalam data rahasia dan mengendalikan perangkat lunak seharga 1,7 juta USD yang digunakan NASA untuk mengontrol Stasiun Luar Angkasa. Hal itu mengakibatkan dimatikanya Stasuin Luar Angkasa selama tiga minggu dengan biaya perbaikan yang sangat besar. Jonathan bunuh diri tahun 2007, disebabkan dirinya sedang diselidiki atas tuduhan serangan besar pada tahun itu. Sebelum meninggal Ia menulis “Kehilangan kendali atas situasi ini, dan ini adalah satu-satunya cara saya untuk mendapatkan kontrol kembali.”.
4. August, 2009: Russia Vs. Georgian blogger “Cyxymu”
Facebook tidak bisa diakses selama berjam-jam pada musim panas 2009, Dikarenakan sebuah serangan DDoS yang berasal dari Rusia. Mungkin itu dilakukan hacker biasa, tapi diyakini serangan itu berasal dari pemerintah Rusia. Itulah yang disampaikan Kepada The Guardian oleh Max Kelly sebagai kepala keamana Facebook, ia menambahka “Itu adalah serangan serentak di sejumlah lokasi untuk membungkam dia (Cyxymu) agar suaranya tidak didengar.”.
3. March 1999: David L. Smith Vs. Microsoft Word & Excel
Pada tahun 1999, David L. Smith memberi hadiah penari strip: sebuah virus komputer dengan namanya. Smith mengisi dokumen Word dengan Virus "Melissa" untuk disebar di sebuah kelompok diskusi Online America .Menyebar melalui email, forwarding sendiri ke 50 account email pada komputer yang terinfeksi, terus menerus hingga server email kelebihan beban dan perusahaan seperti Microsoft, Intel, Lockheed Martin, dan Lucent Technologies terpaksa mematikan jaringan email mereka .  Melissa mengifeksi jutaan PC dan menyebabkan kerugian $ 80 juta dolar.Smith menghadapi tuntutan 10 tahun penjara dan $ 5.000, tapi dia hanya di penjara 2 bulan.
2. July, 2009: Unknown Vs. United States & South Korea
Pada Juli 2009 situs berita terbesar Korea Selatan, rumah lelang online, bank, Whitehouse, Pentagon dan US Force diserangan DDoS dari 166.000 komputer bergelombang dari botnet ,serangan data gencar yang sangat kuat. Beberapa percaya kementerian telekomunikasi Korea Utara yang harus disalahkan, menggunakan backdoor dari Mydoom worm yang terkenal dari tahun 2004, tapi tidak pernah terbukti.
1. November, 1988: Robert Tappan Morris Vs. The World
Robert Tappan Morris menciptakan sebuah monster. Pada tahun 1988, Saat masih sebagai mahasiswa pascasarjana di Cornell University, Morris merancang worm menggandakan diri dan diberi mini untuk mengukur luas jaringan internet. Sebuah virus yang tak terkendali dan dapat mereplikasi diri menginfeksi ribuan komputer (jumlah sangat banyak saat itu), dengan kerugian jutaan dolar. Kemudian pemerintah Amerika membuat komputer tanggap darurat CERT. Morris didenda 10.000 USD dan pelayanan masyarakat selama 400 jam. Kode virus kemudian diarsipkan dalam sebuah floppy disk dan disimpan di museum Boston.
Bagi orang amatir atau pengguana komputer awam hal-hal tersebut dapat mengganggu kebebasan dan privasi kita di internet. Anda mungkin tidak akan menyadari jika data-data anda diambil tanpa ijin, bahkan anda tidak akan menyadari hal tersebut.

No comments:

Post a Comment