Monday, March 20, 2017

Microsoft Siapkan OS Baru Untuk Tandingi Chromebook

Sekalipun popularitasnya secara umum masih belum bisa menggeser Windows, namun khusus untuk kalangan pendidikan, Chromebook dan Chrome OS telah menghadirkan sebuah solusi terbaik dimana pihak sekolah maupun para murid tetap bisa memakai komputer dengan harga yang sangat terjangkau di sekolah. Sejumlah laporan mencatat bahwa trend tersebut terus meningkat selama 2 tahun terakhir, dan membuat laptop Windows ataupun tablet iPad mulai ditinggalkan demi beralih ke Chromebook.
Yang lebih keren lagi, produk laptop Windows lama yang performanya sudah kurang memadai untuk standar saat ini bahkan bisa disulap menjadi Chromebook dengan mudah, sehingga menekan keharusan untuk membeli laptop baru di berbagai sekolah.
Tak rela melihat jumlah pelanggannya dari kalangan pendidikan terus tergerus, Microsoft pun seger menyiapkan sebuah solusi baru untuk menandingi Chromebook. Laporan terbaru ZDNet mengungkapkan kalau Microsoft telah mengembangkan sebuah versi baru Windows 10 yang dijuluki sebagai 'Cloud,' dimana mereka telah mendaftarnya sebagai salah satu varian di samping Windows 10 Pro & Windows 10 Enterprise.
Microsoft memang masih belum menyampaikan keterangan apapun tentang Windows 10 Cloud, namun sumber-sumber ZDNet mengatakan kalau software baru tersebut merupakan versi sederhana dari Windows 10 yang bisa dijalankan cuma lewat aplikasi Unified Windows Platform (UWP) yang diinstall dari Windows Store. Gampangnya, Windows 10 adalah wajah baru dari Windows RT yang sudah dipensiunkan.
Jika informasi tersebut memang benar, maka tarif lisensi untuk Windows 10 Cloud kemungkinan bakal dibanderol sangat murah, atau bahkan gratis. Sekalipun menggunakan nama Cloud, masih belum ada jaminan kalau software tersebut bakal berbasis platform cloud seperti halnya Chrome OS. Kalaupun informasi tersebut memang benar adanya, maka Microsoft kemungkinan menempuh cara ini sebagai solusi untuk produk dengan memori internal berkapasitas minim.

No comments:

Post a Comment