Sunday, March 19, 2017

Inilah Perbedaan AntiVirus & AntiMalware


Antivirus digunakan untuk pencegahan. Antivirus akan mencegah virus yang berasal dari Internet atau perangkat 'input' seperti hardisk eksternal,flashdisk,maupun dvd masuk kedalam PC kita. Jadi, antivirus akan mecegah virus menyebar dan menduplikasikan diri di PC.

2. Antimalware memiliki fungsi yang kurang lebih sama dengan Antivirus. Namun dalam hal target, Antimalware terkadang lebih baik dari antivirus. Kenapa ? contohlah ada sebuah PC yang terinfeksi sebuah program berbahaya, namun setelah di-scan berulang-ulang, program tersebut tidaklah hilang, oleh karena itu dibutuhkan sebuah Antimalware untuk menghapus program jahat tersebut.

Apakah Bisa Menggunakan Anti Virus & Anti Malware Secara Bersamaan?

Jawabannya adalah ya. Antimalware akan melengkapi kekurangan yang ada di Antivirus dan juga sebaliknya.

Pertanyaan yang lain sering muncul adalah, apabila kita menginstall antivirus & antimalware, apakah akan menyebabkan "konflik" dan membuat PC lemot ? Tentu saja tidak,tetapi dengan syarat
Real Time Scanning pada Anti Malware dimatikan saja. Sebagai gantinya,kamu harus scan secara manual dengan Anti Malware tersebut.
Untuk Anti Virus, Real Time Scanning boleh dinyalakan.

Kalau saya sendiri,saya memakai Windows Defender sebagai Anti Virus dan Malwarebytes sebagai Anti Malware. Jika tidak mau memakai Windows Defender,Anti Virus favorit saya yang lain adalah Avast.

Tentu saja,seberapa baik anti virus atau anti malware mu,jika kamu tidak menggunakan komputer mu dengan bijak,cepat atau lambat komputer mu akan terkena virus juga.

Oke gitu saja , sekian.

No comments:

Post a Comment