Friday, March 24, 2017

Ini 10 Fitur Tersembunyi di Google

Image result for google
Google, zaman sekarang siapa yang tidak mengenal dengan kata itu? Setiap hari setiap orang didunia ini pasti membuka situs tersebut atau memakai salah satu layanan aplikasinya. Sebut saja seperti Gmail, PlayStore hingga Google Drive. Semua aplikasi ini diberikan oleh Google demi kemudahan orang-orang di zaman sekarang.
Namun, dibalik platformnya yang besar, Google memiliki hal-hal tersembunyi atau jarang diakses orang banyak. Biasanya pengguna Google hanya memanfaatkan mesin pencari mereka saja. Padahal selain mesin pencari, Google masih mempunyai fitur-fitur lain yang penting dan menarik. Berikut ini ada 10 fitur tersembunyi Google yang mungkin belum pernah kamu gunakan sebelumnya:
Timer
Fitur yang satu ini bisa diakses lewat layanan Google.com. Sama halnya seperti aplikasi Timer lainnya, dalam Google Timer pengguna bisa menghintung mundur jumlah waktu.
Cara mengaksesnya pun cukup mudah, Hubbers tinggal memasukan keyword misalnya “timer 3 hours” untuk menghitung mundur waktu dari empat jam. Kemudian klik ikon kaca pembesar atau tekan enter. Secara otomatis, hasil pencariannya akan langsung berbentuk Timer.
Membangun Lego
Pengguna browser Google Chrome bisa memanfaatkan fitur yang satu ini untuk membunuh kebosanan. Layanan ini bisa diakses melalui fitur www.buildwithchrome.com.
Akan tetapi sayangnya, Google sudah menon-aktifkan pembangunan Lego sejak tanggal 31 Januari 2017 lalu. Namun, jangan khawatir pengguna masih bisa untuk melihat hasil bangunan Lego yang berada di seluruh dunia.
Number Speaker
Kalau fitur yang satu ini hampir mirip dengan Google Translate. Perbedaannya terletak pada angka serta penyebutannya dalam bahasa Inggris atau pun bahasa lainnya.
Jadi Number Speaker memungkinkan penggunanya untuk mengetahui bagaimana angka seperti satu, dua, tiga, dan seterusnya disebutkan dalam bahasa lain. Cara mengaksesnya cukup mudah, pengguna tinggal memasukan angka yang diingankan dengan menambah tanda samadengan, kemudian bahasanya. Contoh 154356=English.
Google Sky
Bila Google Maps sudah terasa membosankan untuk dijelajahi, mungkin Google Sky adalah hal baru yang patut dicoba bagi Hubbers. Biasanya dalam Google Maps, pengguna bisa mengetahui nama jalan serta jarak dari satu daerah ke daerah lainnya.
Sedangkan kalau Google Sky, pengguna dapat mengakses sistem tata surya beserta ragam objek didalamnya. Dari mulai nama planet, ukuran, serta informasi lain yang sudah diketahui. Mungkin objek aneh, seperti pesawat terbang alien bisa terlihat pula.
Google Fonts
Tampilan font atau jenis tampilan kata dalam sebuah situs kadang tidak sesuai dan sulit dibaca oleh pengunjungnya. Seakan mengerti oleh hal tersebut, Google menghadirkan sebuah fitur pengubah Google lewat browser Google Chrome.
Caranya terbilang sederhana. Pengguna tinggal mengunjungi situs www.google.com/fonts dan kemudian pilih jenis font yang diinginkan. Pengguna juga dapat menambahkan daftar font favorit agar muda ditemukan kembali.
Public IP Address
Sebuah urusan tertentu mungkin membuat kita ingin mengetahui jumlah IP Address yang sedang dipakai. Kadang mencarinya pun cukup sulit, karena hal itu jarang dilakukan.
Tapi sekarang, jangan khawatir lagi. Google Search kini dapat mengetahui IP Address yang kamu miliki. Cukup buka laman pencarian Google, kemudian ketik “IP” dan klik ‘search’, secara otomatis IP Address yang sedang kamu pakai pun akan terlihat.
Google Sphere
Fitur yang satu ini lebih cocok untuk mengerjai laman depan Google teman kamu. Pasalnya ketika mengetik Google Sphere di laman pencarian Google, kemudian pilih Saya Lagi Beruntung, maka seketika laman Google akan terlihat melayang-layang seperti di luar angkasa.
Google Space
Sama halnya seperti Google Sphere, fitur yang satu ini membuat tampilan google melayang-layang tidak beraturan. Caranya pun terbilang sama, pengguna hanya tinggal mengetik Google Space dan kemudian pilih Saya Lagi Beruntung. Maka secara otomatis tampilan Google pun akan berubah.
Laporan Cuaca
Memang bagi sebagian penduduk Indonesia, laporan cuaca terkadang tidak terlalu penting. Pasalnya negara ini hanya memiliki dua musim utama, musim hujan dan musim panas. Tidak ada musim salju, musim gugur, atau pun musim semi.
Namun jika ingin berpergian, ada baiknya fitur dari Google yang satu ini dimanfaatkan untuk mengetahui keadaan cuaca di daerah tertentu. Cara mengaksesnya, pengguna tinggal mengetik nama daerah yang ingin diketahui cuacanya, kemudian tambahkan kata forecast.
Google Pacman
Masih ingat dengan game legendaris Pacman? Google membawa game ini ke laman browsernya. Cara mengakses game Pacman di Google pun cukup mudah.
Pengguna tinggal mengetik Google Pacman dilaman pencari kemudian klik Saya Lagi Beruntung. Secara otomatis, situs Google akan membawa pengguna memainkan game lawas tersebut.

No comments:

Post a Comment