Wednesday, March 22, 2017

Hardisk

Image result for hardisk
Zaman dan juga teknologi sekarang ini memang sudah semakin maju dan berkembang secara pesat sehingga sebagian kegiatan bisa diselesaikan dengan menggunakan perangkat komputer / laptop dan juga internet. Jika berbicara mengenai perangkat komputer, tentu saja terdapat beberapa bagian di dalam komputer tersebut, salah satunya adalah hardisk. Apa itu hardisk? Hardisk sendiri merupakan suatu media untuk menyimpan data pada komputer secara permanen, selain itu juga memiliki fungsi untuk menyimpan data pada komputer, data yang sudah tersimpan tersebut nantinya tidak akan hilang meskipun listrik sudah mati. Hardisk sendiri memang banyak dibutuhkan oleh sebagian orang yang mana senang untuk menyimpan beberapa data media yang berupa mp3, film ataupun foto karena beberapa data tersebut memiliki ukuran file yang cukup besar. Untuk ukuran, kemudian jenis, lalu kapasitas dan juga merk dari hardisk sendiri juga bervariasi. Pada dasarnya hardisk sendiri terdiri dari 2 macam yaitu hardisk internal dan juga hardisk eksternal.
Untuk hardisk internal sendiri merupakan hardisk yang mana biasa digunakan untuk media penyimpanan yang ada di dalam perangkat kota CPU dan sudah tertanam di dalam PC komputer atau laptop. Sedangkan untuk hardisk eksternal merupakan hardisk yang mana tidak terdapat di dalam komputer, kemudian lebih bersifat portable, dan di dalam penggunaannya sendiri dibutuhkan konektor yang berupa kabel. Karena hardisk sendiri bisa dibilang bervariasi, tentu saja hargahardisk internaljuga bervariasi dan tergantung dari merk dan kualitasnya.
Jenis Hardisk
Pada kesempatan kali ini kita juga akan membahas mengenai harga hardisk internal, namun sebelumnya kita akan membahas mengenai beberapa jenis hardisk. Dan berikut ini adalah beberapa jenis serta kapasitas penyimpanan dari hardisk:
Yang pertama adalah IDE atau Integrated Device Electronics, sering kali disebut juga dengan ATA atau Advance Technology Attachment. Hardisk ini sendiri memiliki konektor yang berjumlah 40 pin data dan juga 4 pin power. Hardisk ini sendiri juga memiliki jumper yang mana memiliki fungsi untuk mengubah pengaturan hubungan ke mainboard. Kapasitas dari hardisk jenis ini juga tersedia dalam beberapa pilihan yaitu 10 GB, kemudian 20 GB, 40 GB, lalu 80 GB, 120 GB, 160 GB, ada juga yang 250 GB dan untuk kapasitas yang terbesar adalah 320 GB.
Kemudian yang kedua adalah SATA atau Serial Advance Technology Attachment, hardisk jenis ini memiliki 4 pin data dan juga 7 pin power yang mana memiliki kecepatan akses yang lebih cepat jika dibandingkan dengan hardisk jenis IDE. Hardisk SATA ini juga tidak memiliki jumper karena memang tidak membutuhkan settingan. Kapasitas dari hardisk ini sendiri mempunyai varian yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan IDE yaotu 80 GB, kemudian 120 GB, 160 GB, lalu 250 GB, 320 GB, lalu 500 GB, 1 TB dan juga 2 TB.
Lalu yang ketiga adalah SCSI atau Small Computer System Interface, hardisk jenis ini sendiri mempunyai kecepatan transfer yang bisa dibilang paling tinggi jika dibandingkan dengan hardisk jenis IDE dan jenis SATA karena menggunakan konektor pin 50 sampai dengan 68 pin. Kemudian untuk kapasitas dari hardisk ini sendiri dimulai dari 160 GB, 250 GB, kemudian 320 GB, 500 GB, lalu 1 TB, 2 TB dan juga 5 TB.
Harga Hardisk Internal
Kembali membahas mengenai harga hardisk internal, jika memang Anda sedang membutuhkan dan juga mencari hardisk internal untuk perangkat komputer Anda, maka akan lebih baik jika Anda mencari informasi mengenai harga hardisk internal terlebih dahulu agar nantinya mendapatkan hardisk yang tepat dan sesuai dengan perangkat komputer serta budget yang Anda miliki. Dan berikut ini adalah daftar harga hardisk internal yang bisa Anda ketahui:
Hitachi dengan kapasitas 2 TB dengan kecepatan 7200 RPM 64 MB for NAS INT 3,5 inch, untuk hardisk ini sendiri ditawarkan dengan harga sekitar 1,5 jutaan.
Hitachi dengan kapasitas 4 TB dengan kecepatan 2300 RPM 64 MB for Nas Int 3,5 inchi ini dihargai sekitar 2,2 jutaan.
Hitachi SATA III dengan kapasitas 1 TB dengan ukuran 3.5 inch Int 3,5 inch ditawarkan dengan harga sekitar 610 ribuan.
Harga hardisk internal Hitachi SATA III dengan kapasitas 2 TB 3.5 inch Int 3,5 inchi ini sendiri adalah sekitar 1 jutaan.
Hitachi SATA III dengan kapasitas 4 TB 32 MB dengan kecepatan hingga 7200 RPM Int 3,5 inch ini dihargai sekitar 2,1 jutaan.
Hitachi SATA III dengan kapasitas 500 GB 8 MB 3.5 inch Int3,5 inch ini ditawarkan dengan harga sekitar 520 ribuan.
Harga hardisk internalToshiba SATA III dengan kapasitas 1 TB, kemudian dengan kecepatan sampai dengan 7200 RPM dan ukuran 3.5 inch Int 3,5 inch ditawarkan dengan harga sekitar 620 ribuan.
Untuk hardisk Toshiba SATA III dengan kapasitas 2 TB, kecepatan sampai 7200 RPM dan ukuran Int 3,5 inch ini ditawarkan dengan harga sekitar 940 ribuan.
Harga hardisk internal Toshiba SATA III dengan kapasitas 3 TB dengan kecepatan sampai 7200 RPM Int 3,5 inch ini sekitar 1,2 jutaan.
Toshiba SATA III dengan kapasitas 500 GB dan kecepatan 7200 hingga 7200 RPM dengan ukuran 3.5 inch Int 3,5 inch ini ditawarkan dengan harga sekitar 520 ribuan.
WDC SATA III Green dengan kapasitas 500 GB dengan ukuran Int 3,5 inch ini dihargai sekitar 540 ribuan.
Harga hardisk InternalWDC SATA III Red dengan kapasitas 2 TB 64 MB dengan ukuran 3.5 inch for NAS Int3,5 ich ini ditawarkan dengan harga sekitar 1,2 jutaan.
WDC SATA III Red dengan kapasitas 3 TB 64 MB dengan ukuran 3.5 inch for NAS Int 3,5 inch ini sendiri dihargai sekitar 1,4 jutaan.
WDC SATA III Red dengan kapasitas 4 TB 64 MB dengan ukuran 3.5 inch for NAS Int 3,5 inch ini ditawarkan dengan harga sekitar 2,2 jutaan.
Untuk harga hardisk internalWDC SATA III Red dengan kapasitas 5 TB 64 MB dengan ukuran 3.5 inch for NAS Int 3,5 inch ini sekitar 2,8 jutaan.
Untuk jenis hardisk WDC SATA III Red dengan kapasitas 6 TB 64 MB dengan ukuran 3.5 inch for NAS Int 3,5 inch ini ditawarkan dengan harga sekitar 3,3 jutaan.
Selain itu harga hardisk internal dari WDC SATA III Caviar Black dengan kapasitas 4 TB, kemudian 64 MB Ver 2 Int 3,5 inch sendiri sekitar 2,1 jutaan.
Seagate Seagate dengan kapasitas 2 TB for NAS Int 3,5 inchi ini juga diharga sekitar 1,1 jutaan.
Harga hardisk internalSeagate Seagate dengan kapasitas 3 TB for Nas 3.5 inchi ini dihargai sekitar 1,4 jutaan.
Seagate Seagate dengan kapasitas 4 TB for NAS Int 3,5 inch ditawarkan dengan harga 2,2 jutaan.
Jadi pada intinya adalah harga hardisk internal sekarang ini memang sudah bervariasi, dan untuk membelinya tentu saja harus disesuaikan dengan perangkat. Oleh karena itu sebelum mulai ukuran, kapasitas dan juga fungsi ataupun harga hardisk internal Anda perlu mempertahankannya.

No comments:

Post a Comment