Monday, March 13, 2017

Daftar Aplikasi Pembuat Video Animasi Terbaik dan Terpopuler

Daftar aplikasi pembuat video animasi terbaik. Perkembangan teknologi tak hanya memberi dampak pada dimudahkannya manusia dalam berbagai aktifitas dan urusan seperti menjadi lebih cepat, lebih ringan, dan efisien, namun juga membawa manusia pada sebuah era dimana sebuah kreatifitas dapat lebih mudah dikembangkan dalam dukungan sebuah teknologi. Ketika industri film menjadi salah satu binis yang cukup menjanjikan dengan tokoh dan karakter manusia sebagai pemeran, ada sebuah genre film yang secara minat dan kesukaan lebih didominasi oleh kalangan anak-anak, dan film tersebut biasa dikenal dengan film animasi atau kartun. Adalah sebuah film dengan karakter atau tokoh bukan manusia melainkan sebuah gambar dengan berbagai macam karakter yang dalam pembuatannya biasa berupa gambar 2D, ataupun 3D. Dalam proses pembuatan film atau video animasi tersebut tentu didukung dengan adanya perangkat-perangkat seperti komputer dengan berbagai software dan aplikasi didalamnya

Namun yang perlu diketahui bersama adalah aplikasi pembuat video animasi film kartun atau sejenisnya hanyalah sebuah sarana penunjang, dan ketika keahlian atau skil dalam hal menggambar tidak anda miliki tentu akan menjadi sulit pula untuk menjadikan sebuah tokoh atau karakter dalam bentuk gambar menggunakan aplikasi tersebut. Dan seiring perkembangan jaman, dunia film khususnya film animasi atau kartun cukup mengalami banyak kemajuan yang sangat cepat. Seperti contoh di stasiun TV Indonesia ketika hari libur kita akan menemukan berabagai acara film kartun mulai dari kartun jepang yang biasa dikenal nama kartun manga, hingga film kartun yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi idola anak-anak Indonesia yaitu Upin & Upin serta Sopo dan Jarwo.Proses pembuatan film animasi atau kartun tentunya bukan dapat dikatakan cepat, karena dibutuhkan beberapa rangkaian gambar untuk menciptakannya satu pergerakan tokoh atau karakter dalam durasi waktu 1 detik saja.

Bayangkan jika dalam 1 detik pergerakan membutuhkan 12 gambar lalu berapa ribu gambar untuk menciptakan sebuah film kartun animasi dengan durasi tayang 30 menit. Proses pembuatannya jenis film ini memanglah tidak mudah dan kerjasama tim menjadi kunci utama, dimana pembagian kerja dilakukan mulai dari membuat sketsa gambar, coloring, merubah gambar menjadi file digital, dan masih banyak lainnya yang kesemuanya itu dikerjakan oleh orang dengan pembagian kerja yang berbeda-beda. Dan biasanya aplikasi pembuat video animasi kartun akan digunakan oleh seorang kreator ketika gambar sudah dipindahkan dari gambar diatas kertas menjadi file yang dapat dikerjakan melalui komputer. Namun ada pula dalam pengerjaan sebuah film animasi langsung dikerjakan didalam komputer seperti pembuatan karakter 3D. Dan berikut kami akan informasikan beberapa jenis aplikasi untuk membuat video animasi terpopuler yang biasa digunakan oleh pemula maupun professional.

Daftar Aplikasi Pembuat Video Animasi Paling Populer

Aplikasi Pembuat Video Animasi Paling Populer
Blender
 Image result for blender software

Ketika mendengar nama Blender anda jangan langsung berfikir tentang alat pembuat juice, karena Blender yang satu ini adalah sebuah software atau aplikasi pembuat video Animasi 3D. Blender sejauh ini cukup populer dan menjadi slaah satu aplikasi terbaik yang banyak digunakan oleh para pemulai hingga para exspert sekalipun. Dalam proses mempelajari aplikasi ini dapat dikatakan cukup mudah karena tak sedikit tutorial sudah banyak dibuat seperti dapat anda temukan di Youtube. Bahkan karena cukup dapat dikatakan mudah seorang amatiran sekalipun dapat mempelajarinya cukup dengan memperhatikan video tutorial yang ada. Software Blender bisa didapatkan secara gratis dan support untuk digunakan dalam perangkat Windows, Mac dan juga Linux.
Synfig Studio

 Image result for synfig studio
Ketika Blander menjadi aplikasi pembuat video animasi 3D, ada Synfig Studio untuk membuat video animasi 2D. Synig Studio sendiri adalah aplikasi open source yang bisa didapatkan secara gratisan yang dalam pembuatan animasi, aplikasi ini menggunakan vector dan bitmap. Synfig Studio juga support untuk semua perangkat dari Windows, Mac, dan juga Linux.
Sqirlz Morph

Image result for Sqirlz Morph 
Adalah sebuah teknik dalam dunia animasi yang dikenal dengan nama transisi morphing, sebuah teknik yang dapat kami contohkan melalui sebuah film Man in Black dimana karakter alien secara tiba-tiba dapat berubah bentuk menjadi sosok karakter manusia, dan tahapan perubahan tersebut dikerjakan dengan teknik yang bernama morphing. Dalam menciptakan efek tersebut adapun sebuah aplikasi pembuat video animasi gratis yang dapat digunakan yaitu Sqirlz Morph, dan aplikasi ini disayangkan hanya support untuk perangkat Windows saja dan tidak untuk Mac ataupun Linux.
Aurora Animasi 3D Maker

 Image result for Aurora Animasi 3D Maker
Aurora Animasi 3D Maker adalah salah satu dari aplikasi pembuat video animasi 3D terbaik dan cukup populer dalam penggunaanya. Memiliki fitur dan efek animasi yang sangat banyak adalah salah satu kelebihan yang dimilikinya. Untuk anda yang menginginkan hasil karya terhindar dari penjiplakan dapat menambahkan adanya watermark baik itu untuk file dalam bentuk foto ataupun video dengan efek-efek khusus. Untuk mencoba bagaimana sensasi menggunakan Aurora Animasi 2D Maker anda dapat mendownloadnya dalam versi trial atau percobaan sebelum nantinya jika merasa sesuai dengan kebutuhan anda dapat membelinya untuk yang full version.
Anime Studio
 Image result for Anime Studio

Aplikasi pembuat video animasi yang satu ini dapat dikatakan juga sebagai salah satu yang terbaik dengan dimilikinya berbagai fitur menarik yang cukup lengkap. Untuk full version dari aplikasi ini adalah berbayar namun jika anda ingin mencobanya anda dapat mendownload untuk versi trialnya. Adapun kelebihan lain dari aplikasi yang satu ini yaitu dapat membantu dalam pempublikasian film animasi karya anda dengan cukup mudah.


Demikianlah 5 aplikasi pembuat video animasi terbaik dan terpopuler yanjg dapat kami informasikan dan hadirkan untuk anda. Meski berbagai aplikasi pembuat video animasi Android juga mulai dapat ditemukan namun secara fungsi tak semaksimal dari apa yang dikerjakan melalui perangkat PC atau komputer. Pilihlah software atau aplikasi diatas sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan anda sehingga hasil karya yang sesuai dengan imajinasi dan harapan anda dapat tervisualisasikan dalam hasil yang nyata dalam kualitas yang baik dan memuaskan.

No comments:

Post a Comment