Saturday, March 25, 2017

4 Cara Mempercepat Kinerja Laptop atau Komputer

Image result for laptop fast
Laptop atau Komputer yang lambat atau lelet pasti akan membuat sobat merasa kesal, atau mungkin jika yang terbiasa akan mencoba bersabar untuk menunggunya, namun hal itu sangat jarang di miliki oleh setiap orang, mungkin hanya 10:1 yang mampu bersabat dengan laptop atau komputer yang lelet. Tetapi tenang, kali ini admin akan sharing cara mempercepat kinerja laptop dan komputer sobat dengan langkah-langkah sebagai berikut. 

1. Memperbesar kapasitas RAM, HDD
    Hal ini merupakan cara pertama untuk mempercepat kinerja laptop dan komputer, secara garis besar mereka (HDD dan RAM) sama-sama merupakan media penyimpanan data, yang membedakan dari keduanya adalah metodenya, jika pada HDD sifat penyimpananya selamanya, sedangkan RAM sifat penyimpananya hanya sementara. Oke untuk mempercepat kinerja laptop dan komputer, sobat perlu melakukan pengecekan terdahulu pada hardware atau perangkat keras apa yang sedang sobat gunakan di laptop atau komputer sobat. berikut cara pengecekanya:
Bisa menggunakan fitur bawaan windows dengan menekan (windows + R) pada keyboard sobat, lalu ketikan "dxdiag" (tanpa kutip) dan enter, akan muncul informasi tentang laptop atau komputer sobat.
Menggunakan aplikasi installer, disini admin mencontohkan Piriform Speccy, dan aplikasi sejenis lainya.
      Setelah mengetahui berapa Jumlah Gigabyte (GB) RAM dan HDD sobat, selanjutnya agar laptop atau komputer sobat mampu bekerja dengan baik dan cepat sebaiknya di Upgrade komponenya, ini saya contohkan sebuah kasus. Sebuah laptop dengan processor Intel core i3 dengan RAM 2GB (2 GigaByte) dan Hard Disk 256 GB, dalam hal ini yang perlu di Upgrade adalah komponen RAM dan Hard Disk nya, namun yang perlu di tekankan adalah penambahan kapasitas pada RAM nya saja, sobat bisa menambah RAMnya menjadi 4GB.

2. Menggunakan Sistem Operasi yang Sesuai 
     Saat ini banyak sekali perangkat komputer yang memaksakan Sistem Operasinya menggunakan sistem operasi terbaru, khususnya pada Laptop atau Netbook ataupun sejenisnya. Perlu admin tegaskan bahwa penggunaan sistem operasi yang semakin tinggi tetapi tidak di ikuti oleh Hardware (Perangkat Keras) yang sesuai seperti Processor , RAM , HDD yang cukup hal tersebut justru akan membuat laptop atau komputer sobat menjadi lemot, sebaiknya sobat mengetahui sistem operasi yang cocok untuk laptop atau komputer sobat, sobat bisa membaca Spesifikasi standar untuk semua penggunaan sistem operasi . Setelah mengetahui sistem operasi yang cocok dengan spesifikasi laptop atau komputer sobat silahkan lakukan install ulang laptop atau komputer sobat. jika tidak mengetahui bagaimana cara install ulang laptop atau komputer sebaiknya searcing aja di google saja ya, kalau semuanya saya jelaskan di sini bisa seabrek panjangnya. Hahaha :D 
Berikut tambahan tips dari saya jika mengenai pemilihan sistem operasi yang cocok.
Jika Laptop atau komputer menggunakan RAM 2GB (>2gb) sebaiknya gunakan sistem operasi yang standar, sobat bisa menggunakan Windows 7 Ultimate 32/86 bit, bukan 64 bit karena versi 64 bit memerlukan ruang memory yang cukup banyak.
Untuk Laptop atau Komputer dengan RAM 3GB kebawah (>3gb) sebaiknya gunakanlah sistem operasi WIndows 7 Ultimate 64 bit ya, bukan 32/86 bit.
Untuk Laptop atau komputer dengan RAM 4GB  sebaiknya tetap gunakan sistem operasi Windows 7 Ultimate yang 64 bit nya, walalupun sebenarnya bisa-bisa saja sobat menggunakan sistem operasi yang di atasnya, tetapi kinerjanya akan kurang maksimal.
Jika sobat ingin benar-benar mempercepat kinerja laptop atau komputer sobat gunakanlah RAM di atas 4GB ( < 4GB ) dan gunakan saja sistem operasi Windows 7 Ultimate 64 bit.
3. Menghapus Program yang tidak begitu penting 
     Menurut admin saat ini masih banyak pengguna laptop atau komputer yang tidak memperhatikan hal yang satu ini, namun hal ini masih berhubungan dengan cara mempercepat kinerja laptop atau komputer, karena penginstalan program aplikasi yang berlebihan akan sangat memakan ruang space memory, terlebih jika aplikasi tersebut tidak di gunakan, rasanya kan sangat sia-sia. Dalam hal ini sobat bisa menghapus aplikasi yang menurut sobat tidak perlu dengan menggunakan fungsi programs and features bawaan windows. 

4. Meminimalkan Program saat Startup 
     Ini adalah cara ke-4 untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer sobat, sebelumya perlu sobat ketahui jika semakin banyak program yang dibiarkan berjalan pada saat startup itu akan mengganggu kinerja dari processor pada saat startup, karena processor langsung mencari sumber program tersebut dan berusaha menjalankanya, sementara itu ia sedang menjalan start untuk sistem desktop yang akan di tampilkan setelah process startup selesai. Jika sobat tidak mengetahui apa itu startup, pada saat sobat menghidupkan laptop atau komputer sobat, pada saat muncul icon windows itulah sistem startup mulai berjalan. jika process loading tersebut berlangsung lama ada kemungkinan laptop atau komputer sobat mengalami keberatan process startup.

Untuk mengatur program startup nya sobat hanya perlu mengaturnya sedikit, 
Tekan windows + R pada keyboard
ketik msconfig lalu enter
Pilih tab Startup
Setelah muncul kotak konfigurasi silahkan sobat pilih aplikasi mana saja yang akan berjalan pada saat startup, setelah di rasa cukup silahkan apply dan restart
Kesimpulan
    Dari ke-4 cara mempercepat kinerja laptop atau komputer ini yang paling bekerja adalah cara nomor 1 dan 2, jika dalam presentasenya cara 1 = 30% , cara 2 = 25% , cara 3= 25% cara 4=20% .
walaupun sebenarnya ada beberapa cara lain yang bisa di gunakan untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer sobat, seperti Custom Virtual Memory, Disk Defrafmenter, dll. Tetapi admin rasa cara-cara tersebut berdampak buruk pada perangkat laptop atau komputer di kemudian hari dan bisa mengalami kerusakan.

Baiklah mungkin itu saja tips yang dapat saya berikan kali ini, jangan lupa follow akun kami untuk mendapatkan tips-tips terbarunya.

No comments:

Post a Comment