Monday, March 20, 2017

Prosesor AMD Ryzen Tidak Kompatibel dengan Windows 7

AMD akhirnya mengkonfirmasi secara resmi pihaknya tidak akan menghadirkan dukungan untuk prosesor Ryzen bagi pengguna Windows 7.
Meski demikian, bukan berarti prosesor Ryzen tidak akan bisa digunakan di Windows 7. AMD hanya tidak akan memberikan driver dan dukungan teknis lainnya di Windows 7.
Keputusan AMD tersebut akan membuat mereka kehilangan pasar pengguna yang cukup banyak. Hal tersebut dikarenakan pengguna Windows 7 saat ini masih mendominasi pasar sistem operasi PC.
Data terakhir menunjukkan Windows 7 masih menguasai 47,2 persen pengguna PC, sedangkan Windows 10 yang merupakan sistem operasi yang akan mendukung Ryzen memiliki penguasaan pengguna 25,3 persen saja.
Ada alasan khusus lain yang lebih penting dari sekadar jumlah pengguna sistem operasi, yaitu kompabilitas. Pihak AMD mengatakan prosesor Ryzen hanya akan berjalan optimal di sistem operasi baru, yaitu Windows 10.
"Kami memang telah menguji Ryzen di berbagai situasi dan kondisi, termasuk di sistem operasi Windows 7 dan Windows 10. Namun, kami memutuskan hanya memberikan dukungan teknis bagi pengguna Windows 10," ujar perwakilan AMD kepada PC World.
Windows 7 sendiri merupakan sistem operasi yang tergolong sudah tua dan masih menggunakan teknologi lama. Hal tersebut membuat Ryzen yang menggunakan teknologi baru tidak akan berjalan secara optimal jika menggunakan sistem operasi tersebut. Sebaliknya, Windows 10 yang menggunakan teknologi baru akan sangat kompatibel dengan Ryzen.
Selain AMD, Intel juga diketahui melakukan hal serupa pada prosesor Kaby Lake-nya. Prosesor yang baru dirilis tersebut diketahui juga tidak memiliki dukungan terhadap Windows 7. Hal tersebut membuat pengguna yang ingin menggunakan prosesor baru mau tidak mau harus hijrah ke Windows 10.

No comments:

Post a Comment