Wednesday, March 22, 2017

MSI GE62VR 6RF, Laptop Gaming Kelas Berat

Image result for MSI GE62VR 6RF
Bagi Anda yang sering bepergian namun masih tetap ingin bermain game AAA, membeli laptop gaming tentu merupakan pilihan yang tepat. Untungnya, laptop gaming saat ini sudah memiliki performa yang jauh lebih mumpuni untuk bermain game bahkan dari generasi sebelumnya.
Laptop ini hadir dengan komponen yang satu generasi lebih baru dari seri sebelumnya, bahkan memiliki chip grafis yang kastanya satu tingkat di bawah. Menariknya, laptop ini justru memiliki performa gaming lebih baik, hampir dua kali lipatnya.
Ya, hasil pengujian kami memang menunjukkan MSI GE62VR 6RF memang memiliki performa yang tergolong sangat kencang, bahkan menyaingi PC desktop kelas menengah.
Hal tersebut dikarenakan laptop ini ditenagai oleh chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1060. Keduanya merupakan komponen baru yang terbukti memberikan peningkatan performa signifikan pada laptop ini.
Pada pengujian menggunakan 3DMark, laptop ini berhasil meraih performa sebesar 9499 poin, 3000 poin lebih tinggi dibandingkan seri sebelumnya. Tentunya peningkatan performa tersebut terbilang cukup besar dan menjadikan laptop ini semakin menarik untuk dimiliki.
Hal yang sama juga terlihat dari pengujian game. MSI GE62VR 6RF mampu memainkan Ghost Recon: Wildlands di pengaturan grafis high pada resolusi 1080p dan berhasil berjalan rata-rata di 55 fps. Sementara game yang telah dirilis cukup lama seperti GTA V dapat berjalan di 68 fps.
Meski demikian, pengujian menggunakan PCMark menunjukkan peningkatan performa komputasi standar laptop ini tidak berbeda jauh dengan pendahulunya. MSI GE62VR 6RF hanya mampu menghadilkan skor 3317 poin, atau memiliki peningkatan 100 poin dari sebelumnya.
Sementara pada baterai, laptop ini justru lebih boros. Ketika digunakan dengan performa penuh tanpa koneksi WiFi, MSI GE62VR 6RF hanya mampu bertahan 1,5 jam. Tentu saja hal tersebut cukup wajar mengingat chip grafis yang digunakan adalah versi desktop.
Beralih ke sisi desain, MSI GE62VR 6RF bisa dibilang tidak jauh berbeda dengan pendahulunya. Ia masih memiliki ukuran yang cukup tebal, namun kini telah dilengkapi dengan fasilitas modern seperti port USB 3.1 Type-C.
Kelebihan lain yang dimiliki oleh laptop ini adalah keyboard yang sangat nyaman dan bisa diprogram sesuka hati karena kompatibel dengan SteelSeries Engine. Selain itu, laptop ini juga memiliki dua penyimpanan berupa SSD dan HDD, sehingga ia bisa berjalan kencang dan menyimpan data dalam ukuran besar.
Minusnya, laptop gaming ini seperti dirancang hanya untuk bermain game. Selain memiliki ketahanan baterai yang rendah, ia juga memiliki trackpad yang kurang nyaman digunakan. Layout keyboard juga sangat dirancang untuk bermain game karena tombol Windows dipindahkan ke sisi kanan tombol spasi.
Kesimpulan
Untuk sebuah laptop gaming, MSI GE62VR 6RF memang tergolong sangat memuaskan. Laptop ini bisa memainkan semua game berat yang ada saat ini dan memiliki segudang fasilitas untuk mendukung kegiatan gaming. Di sisi lain, laptop ini kurang mampu menampilkan performa produktivitas dengan baik karena desainnya yang memang sangat fokus ke gaming.
MSI GE62VR 6RF
SPESIFIKASI :
Ukuran Layar 15,6 inci IPS Full HD (1920 x 1080 pixel)
Prosesor Intel "Skylake" Core-i7 6700 HQ @2.6 GHz (3.5 GHz Turbo Boost)
GPU NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB
RAM 16GB (ekspansi hingga 32GB)
Penyimpanan M.2 NVMe PCIe SSD 256GB
SATA HDD 2.5" 1TB
Dimensi 383 x 260 x 27~29 mm
Bobot 2,4 Kg (tanpa charger)
Baterai 4-cell Li-Polymer
Harga Kisaran Rp26.000.000
MSI GE62VR 6RF

No comments:

Post a Comment