Tuesday, March 14, 2017

Beberapa Skill Manusia Yang Hilang Dimakan Teknologi Zaman


Hai apa kabar kalian di artikel kali ini saya akan ngebahas tentang beberapa skill manusia yang hilang di makan teknologi dari zaman ke zaman, Teknologi memang diciptakan untuk memudahkan kehidupan kita, Namun bila tidak cerdas menggunakannya, bisa saja teknologi justru menyesatkan kita Dan bisa di bilang di tengah gempuran teknologi di zaman yang canggih ini ada skill-skill yang tidak seharusnya dihilangkan begitu saja seperti teknologi zaman sekarang kita tak perlu lagi harus menempuh perjalanan berhari-hari dengan kuda ataupun jalan kaki untuk menemui kerabat atau teman kita yang rumahnya di luar kota. Kita juga tidak harus menulis surat panjang lebar dan mengirimkannya via kantor pos untuk saling bertanya kabar. Dengan adanya teknologi zaman sekarang memang sangat memudahkan.

Namun tanpa kita sadari, kemajuan teknologi juga mengikis banyak skill yang dulu kita miliki. Segala sesuatu yang dulu kita lakukan dengan manual, sekarang bisa dibantu melalui dengan alat-alat yang praktis.

Dan berikut ini kira-kira skill inilah yang dulu kita miliki sebelum dimanjakan oleh majunya teknologi zaman.

 

Asal ada kata ‘sebarkan’ atau ‘share demi orang-orang tersayang’, kalian jadi lebih percaya siapa pun di media sosial,Baca buku atau nonton berita tak perlu lagi dilakukan
Teknologi yang seharusnya bisa mempermudah akses kita untuk mendapat informasi, malah justru menjadi bumerang dan meningkatkan kemalasan untuk mencari informasi yang benar, Terutama di sosmed info-info yang benar dan yang sesat bercampur dan seharusnya kita mengerti dahulu agar tidak terjebak informasi hoax. Sayangnya banyak yang terlalu malas untuk mencari informasi fakta dan memutuskan untuk percaya saja karena ada kalimat ‘sebarkan’ atau ‘like = masuk surga’.

 

Ke mana-mana naik kenderaan, beli ini dan itu delivery. Kasihan kaki kalian yang jarang digunakan untuk berjalan.
Teknologi memang membuat hidup kita jadi serba mudah, Kini untuk memiliki atau membeli segala sesuatu bisa dilakukan dari atas kasur tanpa perlu beranjak ke sana sini,Pesanan kita sendiri akan datang dengan sendiri sampai ke depan pintu. Malas cari makanan diluar tinggal pakai menu delivery. Hendak pergi ke suatu tempat,tinggal pakai kenderaan transportasi , padahal Kalau kita tidak rajin meluangkan waktu untuk berolahraga, kakimu yang jarang digunakan untuk berjalan itu bisa berbahaya untuk kesehatanmu,jadi jauhi lah kebiasan tersebut.

 

Seiringnya teknologi berkembang ,kegiatan bersosialisasi pun jarang diperlukan lagi karena kita terbiasa berkomunikasi via jempol.
Teknologi memang memudahkan kita untuk komunikasi satu sama lain. Tak perlu lagi jauh-jauh datang dan menunggu balasan telegram yang harganya mahal. Bersosialisasi juga tak perlu lagi bertatapan muka. Tinggal ketik dan send, maka pesan akan terkirim di saat bersamaan. Padahal jika kita secara langsung berbicara dengan orang lain, tanpa disadari kita sedang melatih skill menguasai ekspresi dan emosi. Kemampuan mengatur gestur tubuh, membaca situasi, sekaligus membiasakan diri untuk berani berhadapan dengan orang banyak. Skill inilah yang dikikis oleh teknologi. Karena dengan komunikasi via jempol, tentu hal-hal tadi tak perlu jadi persoalan lagi.

 

Kebanyakan dari kita pasti sudah jarang membaca peta beneran. karena sudah banyak nya aplikasi peta online untuk mencari alamat.
Masih bisa nggak ya kalian menentukan arah utara atau selatan, Kalau dulu, baca peta itu lumayan sulit loh, dulu skill inilah yang bisa dibanggakan. Apalagi ada stigma bahwa cewek biasanya tak bisa baca peta dengan benar. Tapi di zaman yang canggih seperti sekarang untuk mencari arah atau tujuan tak lagi harus punya skill membaca peta yang mumpuni. Banyak aplikasi peta online yang bisa memandu kalian dengan rinci, kapan kalian harus belok kanan dan kapan harus belok kiri. Bila simbol panah-panah itu tak cukup, ada juga aplikasi yang memberikan fitur suara. Jadi selagi kalian mencari arah, ada orang yang terus-menerus memberi tahu ke mana kalian harus pergi.

 

Saat masih zamannya telepon rumah, kalian pasti hafal nomor semua teman kalian. Sekarang, jangankan nomor teman, nomor sendiri pun kalian tak hafal.
Teknologi zaman juga mengikis kemampuan mengingat kalian dengan sedikit demi sedikit. Dengan adanya menu phonebook dan history call otomatis, kalian tak harus menghafal nomor telepon teman kalian lagi. Apalagi dengan menu alarm dan reminder, kalian juga tak perlu mengingat-ingat tanggal ulang tahun orang-orang spesialmu, Beda dengan dulu saat masih kanak-kanak, kalian pasti hafal nomor telepon rumah teman-teman sekelas kalian.Begitulah teknologi. Membantu kalian mengingat, sekaligus mengikis kemampuan mengingat kalian.

 

Demikian artikel diatas,semoga bermanfaat untuk kita semua.

No comments:

Post a Comment